Penjualan Otomotif Masih Lambat, Menperin Bebaskan Pajak Mobil Baru

Penjualan Otomotif Masih Lambat, Menperin Bebaskan Pajak Mobil Baru

KabarOto.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengusulkan relaksasi pajak pembelian mobil baru sebesar 0% atau pemangkasan pajak kendaraan bermotor (PKB). Cara ini dinilai mampu mendorong pertumbuhan sektor otomotif di tengah masa pandemi Covid-19.

“Kami sudah mengusulkan kepada Menteri Keuangan untuk relaksasi pajak mobil baru 0% sampai bulan Desember 2020,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Senin (14/09).

Ia menilai hal tersebut diyakini bisa mendongkrak daya beli masyarakat. Tentu saja targetnya yakni memulihkan penjualan produk otomotif yang ikut turun selama pandemik.

Baca Juga: Hindari Pajak, Sebuah McLaren 620R Selundupan Didaftarkan Sebagai Porsche Cayman

“Kalau kita beri perhatian agar daya beli masyarakat bisa terbantu dengan relaksasi pajak, maka kita terapkan. Kemudian pada gilirannya bisa membantu pertumbuhan industri manufaktur di bidang otomotif tersebut,” terangnya.

Agus menambahkan, kinerja industri otomotif pada semester pertama 2020 relatif melambat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Tentu saja ini imbas dampak pandemik Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020. Lambat laun pada semester kedua tahun ini, ia menilai mulai ada perkembangan yang positif.