POPULAR STORIES

Penjualan Roda Empat Masih Lesu, Daihatsu Punya Strategi Hadapi Semester 2 Tahun 2020

Penjualan Roda Empat Masih Lesu, Daihatsu Punya Strategi Hadapi Semester 2 Tahun 2020

KabarOto.com – Hampir semua Agen Pemegang Merek (APM) mobil mengalami penurunan angka penjualan retail (dealer ke konsumen). Tak terkecuali PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku pemegang merek Daihatsu di Indonesia.

Meskipun menempati posisi kedua setelah Toyota, Daihatsu hanya berhasil menjual sebanyak 3.673 pada bulan Mei 2020. Secara keseluruhan sepanjang Januari – Mei 2020, ADM mendistribusikan sebanyak 48.019 unit kendaraan roda empat ke tangan konsumen.

Angka tersebut jauh menurun jika dibandingkan dengan hasil pejualan tahun lalu dengan angka penjualan pada bulan Mei 2019 sebanyak 17.846 unit kendaraan dan sebanyak 78.192 unit sepanjang Januari – Mei 2019.

Baca Juga : Suzuki Swift Attitude Hybrid Diproduksi Hanya 350 Unit, Minat?

Memasuki semester dua 2020, Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra mengungkapkan bahwa masih sangat sulit untuk menyamai penjualan mobil seperti tahun 2019.

“Seperti prediksi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pemulihan ekonomi bisa hingga tahun 2022, yang tentunya sejalan dengan peningkatan daya beli masyarakat. Pertumbuhan pasar otomotif sangat tergantung daya beli, jadi semester dua atau bahkan tahun depan 2021 rasanya masih belum mencapai level tahun 2019 atau belum mencapai peningkatan yang signifikan,” jelas Amelia.

Dirinya menambahkan untuk menghadapi semester dua ini kami memiliki empat strategi utama marketing berdasarkan faktor utama pembelian mobil.

Dirinya menjabarkan, pertama dari segi produk, bahwa Daihatsu terus mengembangkan dan melahirkan produk-produk yang paling sesuai dengan permintaan dan kondisi pasar Indonesia. \

Kedua dari sisi brand, Daihatsu melakukan peningkatan brand value agar menjadi brand yang dicintai masyarakat Indonesia. Kemudian yang ketiga, Daihatsu menyediakan hampir 250 outlet tersebar di seluruh Indonesia, tidak hanya di kota besar, tapi juga menjangkau hingga kabupaten dengan pelayanan yang terbaik.

Terakhir, Daihatsu memberikan peace of mind dengan pelayanan after sales yang mudah didapat di mana saja (194 bengkel tersedia di berbagai pelosok), harga servis yang terjangkau dengan adanya Daihatsu Value Part (DVP), dan pelayanan bengkel yang bersahabat dan cepat.

Untuk menarik minat konsumen, Daihatsu menyiapkan program diskon menarik yang sudah dilakukan pada bulan Juni, dan mungkin akan dilakukan kembali pada bulan Juli ini.

“Untuk promo, Daihatsu menyiapkan free DGO selama 1 tahun dan free biaya admin kredit yang bisa didapatkan saat Virtual Showroom Event, pada 27 Juni lalu atau akan dilaksanakan lagi di bulan Juli ini,” pungkas Amelia.