Penjualan Suzuki Tahun 2021 Tumbuh, Carry Pikap Jadi 'Tulang Punggung'

Penjualan Suzuki Tahun 2021 Tumbuh, Carry Pikap Jadi 'Tulang Punggung' Suuzki Carry Pikap kuasai pasar komersial

KabarOto.com - Tahun 2021 menjadi waktu yang sangat menggembirakan bagi Suzuki. Bagaimana tidak, pabrikan berlambang huruf 'S' ini mencatatkan penjualan positif. Suzuki Carry Pikap menjadi tulang punggung penjualan, dengan angka yang cukup baik.

Penjualan wholesales (pengiriman unit dari pabrik ke diler) tumbuh 38,8 persen pada tahun 2021 lalu. Kemudian, retail sales (pengiriman unit dari diler ke konsumen) naik di angka 23,8 persen.

Baca Juga: Punya Tampang Eropa, Suzuki Saluto Dibanderol Rp40 Jutaan

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS menjelaskan, penjualan positif tahun lalu tak lepas dari peningkatan kualitas produk, purna jual dan layanan yang terus dilakukan Suzuki Indonesia.

Suzuki XL7 peringkat dua penjualan terbanyak Suzuki (Foto: SIS)

Ini merupakan salah satu dampak positif dari Suzuki yang selalu berupaya menghadirkan produk sesuai kebutuhan pelanggan. Didukung dengan kualitas produk, purna jual dan pelayanan, serta kesetiaan pelanggan terhadap kendaraan penumpang maupun komersil.

Suzuki Carry Pikap berkontribusi sebesar 58 persen secara wholesales dan juga retail sales. Sementara, Suzuki XL7 di urutan kedua dengan menyumbang 18 persen untuk wholesales dan 16 persen untuk retail sales.

Tak mau kalah, All New Ertiga menyumbang 12 persen terhadap wholesales dan 13 persen terhadap retail sales. peningkatan penjualan XL7 dan All New Ertiga, didukung dengan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM), yang berlaku sampai dengan Desember 2021 lalu.

Kedua model itu, sudah memenuhi beberapa syarat untuk masuk ke dalam kendaraan yang mendapatkan diskon PPnBM, di antaranya kapasitas mesin 1.500cc dan kandungan lokal minimal 60 persen.

Baca Juga: Harga Dan Spesifikasi Belum Diketahui, New Suzuki Baleno Sudah Bisa Dipesan

"Suzuki terus menghadirkan kendaraan produksi dalam negeri yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia dan dengan kualitas berstandar global," terang Donny.