Penting Bagi Pengguna Ojol, Agar Terhindar Dari Covid-19

Penting Bagi Pengguna Ojol, Agar Terhindar dari Covid-19 penumpang ojek online harus membawa helm sendiri

Kabaroto.com - Meski jumlah pasien Covid-19 terus bertambah, namun pemerintah sudah melonggarkan aturan untuk masyarakat beraktivitas. Kegiatan perekonomian juga sudah mulai berjalan. Tempat perbelajaan, restoran, dan perkantoran sudah mulai buka. Namun tetap, masyarakaat harus memerhatikan protokol kesehatan.

Begitu juga dengan transportasi online yang sempat dibatasi hanya boleh mengantar makanan dan barang saja. Ojek online sudah bisa mengangkut penumpang, masyarakat juga sudah menggunakan jasa transportasi ini untuk menuju tempat aktivitas.

Baca Juga: Perhatikan Ini Sebelum Mengendarai Motor Di Era New Normal

Nah, jika kita akan menggunakan jasa transportasi ini saat new normal, ada hal-hal yang harus diperhatikan. Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky memberikan tips penting bagi penumpang ojek online agar terhindar dari virus Corona.

Pengemudi ojek onlien dibekali dengan partisi

Menurut Johannes Lucky, pengguna ojek online mesti melakukan persiapan, di antaranya membawa riding gear seperti helm dan jaket serta selalu menggunakan masker. Virus ini bisa menempel di mana saja, bahkan helm sekalipun," terang Lucky saat ngobrol virtual dengan jurnalis, beberapa waktu lalu.

Kenapa harus membawa helm sendiri, karena menurut Lucky helm yang pernah dipakai oleh orang lan siapa tahu membawa virus dan kuman yang akan menular ke kita. "Helm ojol itu kan bergantian, dari penumpang satu ke yang lain, mending bawa sendiri agar aman," tambahnya lagi.

Ojek online saat ini juga sudah dibekali dengan partisi, lalu apakah aman? Lucky menyatakan, partisi memang untuk mencegah droplet, namun tetap saja harus menggunakan alat pelindung diri lainnya. "Yang jelas harus pakai masker, dan ganti masker setelah beberapa jam di pakai, sering-sering ganti," tambahnya lagi.

Baca Juga: Ini Yang Harus Diperhatikan Saat Mengendarai Motor Di Jalan

Satu lagi hal yang penting, riding gear seperti helm setelah tiba di rumah harus dilap dengan cairan pembersih atau kalau bisa sering dicuci. "Takutnya kan menempel ya, jaket harus dicuci setelah dipakai. Helm dibersihkan," tambah Lucky lagi.