POPULAR STORIES

Penting Dibaca! Berikut Atasi Rem Blong Saat Berkendara Mobil

Penting Dibaca! Berikut Atasi Rem Blong Saat Berkendara Mobil Ilustrasi: Rem merupakan komponen utama yang harus diperhatikan keadaannya pada kendaraan (Foto: ntmcpolri.info)

Rem merupakan komponen utama yang harus diperhatikan keadaannya pada kendaraan. Jangan abaikan fungsi rem ini, sangatlah penting. Sebaliknya, jika Bro and Sist tidak peduli dengan pemeriksaan minyak rem, akibatnya rem blong. Bila sudah blong bagaimana mengatasinya? Yuks simak atasi rem mobil yang blong saat di jalan.

Sebaiknya Bro and Sist harus mengecek keadaan rem itu sendiri. Periksalah minyak rem sebagai tahap dasar yang sangat penting. Nah, bila warna minyak rem sudah coklat, lebih baik diganti. Kenapa? Karena warna tersebut dapat memengaruhi kualitas pengereman pada kendaraan Bro and Sist.

Satu kunci bila hadapi rem blong, jangan panik. Lakukan beberapa langakah berikut seperti yang dikutip dari situs ntmcpolri.info.

Pertama yang harus Bro and Sist lakukan adalah, turunkan gigi secepat mungkin. Turunkan gigi kendaraan secara bertahap dari 5,4,3,2 sampai gigi 1.

Kedua, setelah menurunkan gigi, gunakanlah rem tangan. Rem tangan yang ada pada mobil dapat menghentikan mobil kalian sampai benar-benar berhenti saat kecepatan sudah rendah.

Tiga, setelah kecepatan semakin menurun, arahkan mobil kalian ke jalur lambat atau bahu jalan untuk mencari tempat berhenti yang benar-benar aman dari mobil lain yang berkecepatan tinggi. Lakukan hal tersebut secara perlahan gunakan kaca spion untuk melihat situasi yang ada.

Empat, jauhkan kaki kalian dari pedal gas. Tetap tenang agar tak salah injak .

Lima, cek benda yang menghalangi pedal rem, benda-benda yang kita taruh dibawah kursi dapat maju ke depan akibat gaya inertia pengereman, dan memblokir pedal rem dari belakang.

Enam, injak dan kocok rem berkali kali. Jika kendaraan kalian tanpa sistem ABS, cobalah untuk menginjak pedal rem berkali kali, terkadang rem blong juga bersifat sementara. Mobil dengan ABS harus menginjak rem dengan perlahan, karena ABS juga turut membantu Bro and Sist melakukan tindakan pengereman secara otomatis.

Tujuh, peringati orang lain, gunakan lampu hazard, atau beri tanda dengan mengeluarkan seutas kain dari jendela dan dilambaikan. Usahakan melihat spion belakang sebelum melambai.

Delapan, jika terpaksa harus menabrak, tabraklah sesuatu yang 'Lunak dan aman'. Jika keadaan terlihat sangat mendesak atau urgent, carilah objek yang terlihat lunak, seperti pagar kayu, tanah, pasir, dan lain-lain. Carilah benda yang terlihat dapat menyerap benturan.

Sembilan, tetap tenang, Bro and Sist harus mempunyai ketenangan dan kepercayaan diri untuk melakukan hal apa yang harus Anda lakukan, karena panik bukanlah jawaban dan berakibat fatal.

Langkah terakhir adalah setelah berhenti, mintalah pertolongan. Jangan mencoba untuk menggunakan mobil tersebut sebelum di cek oleh sang ahli alias jangan nekat.

Baca Juga: