POPULAR STORIES

Penting Merawat Rantai Sepeda Motor, Ini Caranya!

Penting Merawat Rantai Sepeda Motor, Ini Caranya!

KabarOto.com - Bagi Anda yang menggunakan sepeda motor tipe bebek dan sport, tentu ada komponen yang bernama rantai. bagian ini berperan meneruskan daya, dari hasil kinerja mesin ke roda belakang, sehingga menghasilkan energi gerak.

Tim Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, pengendara sepeda motor harus memerhatikan kualitas rantai roda sepeda motor, agar kondisinya selalu prima.

Endro pun memberikan cara merawat rantai sepeda motor sendiri, agar awet dan maksimal. "Perawatan ataupun pengecekan rantai roda disarankan rutin dilakukan setiap periode 4.000 km."

Baca Juga: Hindari Apes Di Momen Lebaran, Nih Tips Motorannya

1. Kenali Bagian Rantai
Sebelum merawat, Anda harus mempelajari bagian-bagian yang ada pada rantai roda yang terhubung dengan gear mesin dan gear pada roda. Rantai sendiri terdiri dari roller link saling terhubung yang disatukan dengan master link sebagai penyambung dua sisi rantai.

Perhatikan juga saat memilih jenis rantai yang digunakan, terdapat perbedaan ukuran rantai motor bebek dan sport. Perbedaan terdiri dari ukuran panjang rantai dan juga ukuran lebar dari roller link.

Dengan mengetahui bagian-bagian rantai, menjadi salah satu langkah awal untuk mengetahui letak pemberian pelumas pada rantai sekaligus pengecekkan kualitas rantai. "Pengguna sepeda motor perlu memastikan roller link dapat berputar 180 derajat,” ujar Endro.

2. Jarak Main Bebas
Jarak main bebas rantai roda dapat dikatakan salah satu hal penting dalam memastikan batas kekenduran dari rantai roda untuk mendapatkan tenaga yang optimal dari sepeda motor. Para pengguna sepeda motor dapat melihat batas jarak main bebas yang ada pada stiker yang berada cover rantai.