POPULAR STORIES

Pentingnya Calon Pengguna MLFF Lakukan Registrasi Lewat Berbagai Macam Platform

Pentingnya Calon Pengguna MLFF Lakukan Registrasi Lewat Berbagai Macam Platform Ilustrasi Pintu Tol (BPJT)

KabarOto.com - Bagi calon pengguna tol dengan sistem nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) sangat penting untuk melakukan registrasi dan memastikan transaksi atau membayar tol melalui berbagai platform yang tersedia.

Pasalnya, PT. Roatex Indonesia Toll System (RITS), sebagai Badan Usaha Pelaksana MLFF telah bekerja sama dengan Korlantas Polri dalam hal integrasi data kepemilikan kendaraan.

Baca juga: Ini Kelebihan Menggunakan MLFF Saat Bayar Tol

Sehingga, walaupun ke depannya gerbang tol sudah tidak ada lagi atau tidak ada barrier penghalang, namun seluruh pelanggaran tetap teridentifikasi oleh sistem MLFF yang memanfaatkan sistem satelit navigasi GNSS (Global Navigation Satellite System). Sistem ini akan mendeteksi pergerakan kendaraan saat melewati jalan tol.

“Jadi jangan sampai, hanya gara-gara kita tidak bayar tol Rp10,000 lalu STNK diblokir,” ujar Emil Iskandar, Project Manager PT. Roatex Indonesia Toll System.

Ilustrasi Jalan Tol (BPJT)

Implementasi MLFF rencananya akan mulai diujicobakan secara bertahap di Bali pada Juni 2023. Saat ini BPJT bersama RITS termasuk Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), Bank Indonesia, Korlantas Polri serta Penyedia Jasa Pembiayaan, tengah mematangkan berbagai dukungan untuk kelancaran uji coba, termasuk memastikan semua sistem bekerja dengan baik.

Resdiansyah selaku Vice President Intelligent Transport System Indonesia menyebutkan, sistem MLFF tidak jauh berbeda dengan sistem yang saat ini ada yaitu menggunakan kartu elektronik.

Baca Juga: Uji Coba Perdana MLFF 1 Juni 2023, Tak Dilakukan Di Ruas Tol Jakarta

Jika saldo tidak tersedia di kartu elektronik, maka pengguna tol tidak bisa melintasi tol.

“Kalau saya tidak punya internet gimana? Ini sebenarnya sama saja dengan sistem sekarang, anda juga memastikan sebelum masuk tol, harus ada saldo. Jadi tanggung jawabnya sama,” jelas Resdiansyah.