POPULAR STORIES

Pentingnya Pemanasan Sebelum Kendarai Motor

Pentingnya Pemanasan Sebelum Kendarai Motor Mengendarai motor butuh peregangan otot, tangan, kaki dan kepala (Foto: DAM)

KabarOto.com - Mengendarai sepeda motor, perlu dilakukan berbagai persiapan. Selain kondisi motor, tubuh juga harus dalam kondisi prima. Agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan, seperti kecelakaan perlu dilakukan pemanasan ringan sebelum memulai berkendara.

Pemanasan ringan maksimal 5-10 menit, mulai dari bagian kepala, tangan, lengan, hingga kaki, sehingga seluruh tubuh menjadi siap secara fisik dan mental, sehingga membantu reflek pengendara menjadi baik saat melakukan manuver-manuver ketika berkendara.

Baca juga: Mudik Naik Motor, Istirahat Dan Periksa Motor Gratis Di Sini

Dengan melakukan pemanasan, pengendara dapat mengambil keputusan dan pengoperasian sepeda motor secara tepat. Tidak hanya meningkatkan reflek pengendara.

Pemanasan sebelum kendarai motor (Foto: DAM)

Pemanasan juga berfungsi sebagai pengecekkan anggota tubuh dalam kondisi yang fit. Jika ada salah satu bagian tubuh yang sakit, maka pengendara dapat merasakannya lebih dini saat pemanasan sedang dilakukan.

Sehingga pengendara dapat menjaga gerak tubuh saat berkendara, karena rasa sakit pada salah satu bagian tubuh kita saat berkendara akan mengurangi rasa nyaman saat berkendara.

Baca juga: Cek Komponen Ini Sebelum Dan Setelah Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor

“Kita tidak perlu melakukan pemanasan yang terlalu lama atau menguras banyak tenaga, karena saat menggunakan motor pun kita mengeluarkan banyak tenaga," jelas Demmy. Pemanasan ringan di sini meregangkan otot-otot di tubuh kita agar semakin siap ketika mengendarai sepeda motor.

Kesehatan merupakan salah satu faktor penting yang harus kita rasakan ketika berkendara. Namun keselamatan berkendara harus tetap terjaga dengan tidak melupakan faktor yang lain seperti emosi dan etika berkendara.