Cek Komponen Ini Sebelum Dan Setelah Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor

Cek Komponen Ini Sebelum dan Setelah Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor Foto : AHM & Rizky (KO)

KabarOto.com – Mudik lebaran menjadi aktifitas rutin tahunan yang hampir tidak bisa terlewat. Berkumpul bersama sanak saudara dapat memperat tali silathurahmi. Ada banyak alternatif transportasi mudik, salah satunya sepeda motor.

Mempersiapkan perjalanan mudik menggunakan motor harus dilakukan sebelum keberangkatan. Tujuannya untuk menjaga mesin dan komponen lainnya siap digunakan jarak jauh.

Baca juga: Penting, Perhatikan Ini Sebelum Mudik Gunakan Motor

Sebelum melakukan perjalan dengan motor, ada beberapa komponen penting yang harus diperhatikan. Bila perlu lakukan pengecekan dan penggantian suku cadang yang baru agar aman selama perjalanan hingga kembali ke rumah.

Berikut bagian-bagian penting yang harus diperhatikan.

1.Aki/Accu

Aki merupakan perangat sebagai penyuplai listrik dan menjadi peran sangat penting, terutama untuk motor full injeksi. Untuk Sobat bisa cek kualitas aki, jika perlu ganti baru agar kebutuhan starter, lampu, dan klakson bisa berfungsi maksimal.

“Jika aki tegangannya sudah di bawah 12 volt itu harus diganti. Jika masih memakai aki basah bisa mengganti air aki saja. Tetapi, jika sudah diisi tidak meningkatkan kapasitas, berarti harus diganti yang baru,” lanjut Rahman.

2.Ban Motor

Sebagai komponen yang bersentuhan dengan permukaan jalan, ban menjadi komponen paling vital yang harus dicek. Ban yang sudah botak atau bocor halus dapat membahayakan pengendara dan penumpang saat di jalan.

“Selain memperhatikan kondisi ban sudah botak atau belum, kita juga harus memeriksa tekanan ban. Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya mengisi nitrogen sekaligus bisa mengetahui ban tersebut bocor halus atau tidak. Jika terdapat bocor halus bisa menggunakan cairan ban anti bocor,” ungkap Rahman selaku teknisi Planet Ban.

3.Busi

Busi biasanya memiliki masa pakai yang cukup lama. Tetapi, Sobat perlu memeriksa bagian ini karena sangat penting untun memberi pengapian untuk menyalakan mesin. Jika kondisi busi sudah gosong, segera melakukan penggantian busi agar perjalan lebih nyaman.

4.CVT dan Rantai

Untuk para pemudik yang menggunakan motor matic, disarankan untuk mengecek bagian CVT. Karena jika kondisi perintilannya seperti CVT Belt, kampas ganda, dan roller kondisi kurang baik nantinya akan mengurangi performa motor.

Jangan sampai CVT belt putus, motor tidak bisa jalan sama sekali. Lalu, untuk motor yang menggunakan rantai memeriksa bagian ini, jika kondisi gear dan rantai ini sudah mulai aus akan berisiko putus.

5.Lampu

Posisi foglamp harus di bawah lampu utama, jangan lupa atur ketinggian lampu agar tidak menyilaukan

Jika Sobat KabarOto yang melakukan perjalanan pada malam hari dan kondisi hujan lebat atau kabut sebaiknya perhatikan bagian ini. Pasalnya, lampu motor menjadi peran penting untuk menerangi gelapnya malan.

Jika lampu kurang terang bisa mengganti bohlam yang halogen atau LED. Untuk menembus hujan lebat dan kabut disarankan untuk menambah aksesori lampu kabut (fog lamp).

Baca juga: Perhatikan Beberapa Persiapan Mudik Pakai Sepeda Motor

6.Oli Motor

Perjalan mudik tentunya memiliki jarak yang cukup jauh. Tentunya, membuat mesin bekerja lebih ekstra dan lama. Dengan mengganti oli mesin baru, dapat menjaga mesin motor tetap terjaga kinerjanya karena terlindungi oli mesin yang masih bersih.

7.Rem

Untuk mengatur kecepatan saat berkendara, rem motor sangat berperan penting. Cek bagian ketebalan kampas rem sebelum melakukan perjalan. Lalu, perhatikan juga kondisi cakram dan minyak rem.

“Kalau untuk bagian pengereman, bagian cakram yang sudah terkikis sebaiknya diganti yang baru. Lalu, untuk minyak rem harus ganti, direkomendasikan jika melewati 30.000 km harus diganti agar performa rem terjaga,” lanjut Rahman.