POPULAR STORIES

Pentingnya Servis Mobil Perdana Di 1.000 Km

Pentingnya Servis Mobil Perdana di 1.000 Km Mekanik dibengkel resmi Toyota servis kendaraan konsumen

KabarOto.com - Saat membeli mobil baru, sudah pasti pemilik diinfokan untuk melakukan servis pertama di bengkel resmi pada bulan pertama atau 1.000 km. Setelah itu, kembali menjalankan servis rutin bulan keenam atau 10.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Lalu kenapa pemilik mobil baru harus menjalankan servis pada 1.000 km? Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000 mengatakan, Servis berkala fungsinya sangat penting, untuk memeriksa dan memastikan kondisi mobil dalam kondisi prima mulai, sejak awal pengunaan. "Mobil dituntut untuk selalu prima kondisinya, agar pengemudi dan penumpang nyaman," terangnya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Servis Mobil Toyota Bulan Agustus, Banyak Promo

Servis berkala menurutnya mendeteksi dini kondisi mobil, sehingga bila ada kerusakan tidak bertambah besar dan menjalar ke komponen lainnya. Kerusakan yang terdeteksi bisa diperbaiki, sehingga tidak mengeluarkan biaya yang besar. Servis berkala 1.000 km juga menjadi pemberian garansi, karena syarat utama garansi adalah servis berkala secara rutin di bengkel Auto2000.

Servis berkala satu bulan pertama, akan dilakukan pemeriksaan seluruh komponen bergerak di mobil. Bagian dicek adalah fungsi seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, lampu interior, seatbelt, dan head unit.

Pengecekan selanjutnya eksterior seperti, bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper. Untuk mesin pemeriksaan oli mesin, kondisi fan belt, volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya. Selanjutnya pengecekan fungsi mesin secara umum, serta sistem penggerak dan bagian sasis kendaraan.

Baca Juga: Didukung Alat Canggih, Servis AC Dan Mesin Di Dokter Mobil Sangat Singkat

Penggantian Komponen Gratis
Jika ada kerusakan, akan segera diganti suku cadang gratis. Kerusakan yang diganti bukan yang disebabkan oleh kelalaian pemilik. Diler tidak akan mengenakan biaya satu peser pun untuk servis berkala tersebut.