Penumpang TransJakarta, MRT Dan LRT Wajib Gunakan Masker

Penumpang TransJakarta, MRT dan LRT Wajib Gunakan Masker Penumpang Trans Jakarta wajib gunakan masker sebelum masuk ke halte

KabarOto.com - Bagi Anda yang selalu mengunakan transportasi publik seperti TransJakata, MRT dan LRT segera persiapkan masker. Pasalnya, pekan depan (12/4,) transportasi publik itu akan mewajibkan seluruh penumpangnya menggunakan masker. Hal ini untuk mengurangi penyebaran virus Corona di DKI Jakarta.

Sosialisasi akan dilakukan selama satu minggu, dimulai pada (6/4/) Senin besok. Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas TransJakarta, Nadia Disposanjoyo mengatakan, pelanggan tidak menggunakan masker, tidak diperbolehkan memasuki halte dan juga naik bus. "Selama 6 hari ke depan, TransJakarta mengimbau bagi seluruh pelanggan untuk mempersiapkan masker pribadi," terangnya.

Baca Juga: TransJakarta Prioritaskan Petugas Medis Dalam Antrean

TransJakarta sendiri sudah menyediakan cairan pencuci tangan beserta wastafel portabel di halte-halte yang masih melayani penumpang.

Halte TransJakarta

Nadia mewakili BUMD ini berharap, pelanggan selalu membiasakan cuci tangan dengan sering agar penyebaran virus Corona bisa bisa berkurang."Masyarakat agar selalu mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak keluar rumah jika tidak ada hal yang darurat," terangnya.

Kebijakan tersebut diambil berdasarkan kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan nomor 9 tahun 2020 tentang Penggunaan Masker di Area Publik. Anies meminta setelah terbit, kebijakan itu hendaknya disosialisasikan ke sejumlah titik seperti stasiun, halte hingga bus.

"Sosialisasikan kebijakan ini kepada penumpang/warga secara masif di semua stasiun atau halte, bus atau gerbong dan lain-lain," tulis Anies dalam sebuah memo.

Baca Juga: Senin Besok Trans Jakarta Hanya Layani 13 Rute

Masker yang disarankan dalam kebujakan tersebut terdiri dari dua lapis kain yang dapat dicuci dan digunakan kembali. Ini juga ditujukan untuk membantu berkurangnya peredaran masker medis di masyarakat yang memang khusus ditujukan bagi tenaga medis.