POPULAR STORIES

Penyebab Panel Interior Mobil Eropa Dan CBU Lengket

Penyebab Panel Interior Mobil Eropa dan CBU Lengket Interior BMW, mobil buatan Eropa (Foto Ilustrasi :KabarOto)

KabarOto.com - Penyakit yang biasanya ditemui pada mobil CBU (Completely Build Up) adalah sticky panel atau panel mobil lengket di interior.

Panel interior menjadi lengket seperti terkena lem, padahal tidak pernah terkontaminasi apapun. Lalu apa penyebabnya?

Franky Adrianto, punggawa Modifie Car Accessories, penyebab utama panel lengket di mobil Eropa atau CBU, karena iklim di Indonesia sangat panas.

Ilustrasi panel lengket. Foto : Modifie Car Accessories.

"Kalau faktor iklim panas, biasanya itu akan mempengaruhi panel lengket seperti terkena lem, karena meleleh," jelas Franky.

Baca Juga : Ternyata Airbag Punya Kedaluwarsa, Begini Penjelasannya

Memang pada dasarnya panel mobil Eropa atau CBU tidak dirancang untuk tahan pada kondisi iklim di Indonesia yang sangat panas.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya panel lengket ini, namun pemilik mobil juga harus lebih rajin dan memperhatikan pemilihan tempat parkir, dan produk perawatan di kabinnya.

Baca Juga : Tindakan Yang Bisa Dilakukan Untuk Cegah Kerusakan AC Mobil Sejak Dini

"Misalnya tidak terlalu lama menjemur mobil dibawah sinar matahari, sebaiknya selalu menghindari parkir dibawah terik matahari, atau bisa pakai penutup cover mobil supaya panel tidak terpapar matahari langsung, dan jangan terlalu sering menggunakan produk treatment yang mengandung banyak bahan kimia," papar Franky.