POPULAR STORIES

Peraih Gelar Juara Dunia F1 Tercepat, Apakah Max Verstappen?

Peraih Gelar Juara Dunia F1 Tercepat, Apakah Max Verstappen? Dok : F1

KabarOto.com – Max Verstappen (Red Bull Racing) dinobatkan sebagai juara dunia 2022, padahal masih ada beberapa seri tersisa musim ini. Di antaranya Amerika Serikat, Meksiko, Brasil dan Abu Dhabi.

Hal ini menunjukkan betapa superiornya seorang pembalap, bahkan rival di bawahnya tidak bisa mengejar poin tersebut, walau sang rival memenangkan balapan tersisa.

Namun apakah ada pembalap lain yang mengunci titel juara dunia lebih awal dibanding Verstappen?

Baca juga: Perjalanan Max Verstappen Hingga Juara Dunia F1 2022

Jawabannya ada, sebenarnya rekor juara dunia dengan sisa 4 seri pernah diraih pembalap lainnya, misalnya Sebastian Vettel pada 2011 saat membela tim yang sama.

Nigen Mansell (Williams Renault) 1992

Pembalap Williams Renault, Nigel Mansell pada musim 1992 punya rekor lebih cepat mengunci juara dunia dibanding Verstappen, yakni menyisakan 5 balapan.

Saat itu dalam semusim ada 16 balapan, sementara Mansell tampil selalu mendominasi. Terbukti Mansell tidak pernah absen podium jika tidak DNF pada saat itu.

Tercatat ia telah memenangkan sebanyak 9 kali balapan, dan merebut posisi ke-2 total 3 kali. Sisanya semua DNF di Kanada, Italia, Jepang dan Australia.

Pembalap kebangsaan Inggris tersebut telah memimpin dengan 108 poin angka atas rekan satu timnya di Williams, Riccardo Patrese dengan 56 poin. Bahkan, dengan 5 balapan tersisa, jarak poin itu tidak lagi terkejar, karena F1 masih menerapkan sistem 10 poin bagi pemenang.

Baca juga: Penjelasan Singkat Sistem Poin Di F1 Jepang 2022

Michael Schumacher (Ferrari) 2002

Nama Michael Schumacher sudah tidak asing lagi jika berbicara soal Formula 1. Namun penampilan paling superior mungkin musim 2022, di mana ayah Mick Schumacher itu berhasil kunci titel juara dunia, padahal masih sisa 6 balapan.

Saat itu F1 2022 total mengadakan 17 Grand Prix. Perlu diketahui bahwa Schumi tidak pernah keluar dari zona podium selama semusim.

11 di antaranya diraih dengan posisi pertama, lalu 5 kali posisi kedua, dan finis paling buruk saat itu adalah finis ke-3 di Sepang, Malaysia. Dengan begitu pembalap Jerman telah mengantongi 144 poin.

Bahkan rekan setimnya yang berada di Ranking ke-2 klasemen yakni Rubens Barrichello hanya mampu mengumpulkan 77 poin, unggul 64 poin.

Hingga saat ini Schumacer jadu pemegang rekor pembalap F1 yang paling cepat mengamankan gelar dalam satu musim. Setelah menang di GP Prancis pada seri ke-11 F1 2002.