Peran Penting MRK1 Consulting Dalam Desain Sirkuit Mandalika

Peran Penting MRK1 Consulting dalam Desain Sirkuit Mandalika Penonton menyaksikan sesi latihan MotoGP Mandalika 2022 (Foto: KabarOto.com)

KabarOto.com - Tidak lama lagi Sirkuit Mandalika akan menggelar balapan MotoGP seri kedua tahun ini. Trek balapan yang berlokasi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini merupakan hasil karya dari MRK1 Consulting.

MRK1 Consulting merupakan konsultan venue balapan motor, berkantor pusat di Bahrain. Di mana, konsultan ini mengerjakan layout, pavement dan drainase sirkuit.

Untuk Sirkuit Mandalika sendiri memiliki panjang 4,31 km, memiliki 17 tikungan dan trek lurus sepanjang 507 meter. Pembalap MotoGP akan bertarung dalam 27 lap pada seri kedua yang akan digelar pada 20 Maret mendatang.

Baca juga: Kondisi Terkini Sirkuit Mandalika Saat Pembalap MotoGP Selesaikan Free Practice

Sebagai informasi, MRK1 berdiri sejak 2013 dan turut ambil andil dalam pembangunan beberapa sirkuit kelas dunia seperti Sirkuit Buriram, Thailand dan Sirkuit Zhejiang, Tiongkok.

Melansir keterangan resminya, MRK1 Consulting menjelaskan bahwa saat pengerjaan Sirkuti Mandalika, pihaknya bekerjasama dengan RoadGrip Motorsport Indonesia (RMI).

Sedangkan, Asosiasi Grand Prix Mandalika (MGPA) menunjuk MRK1 untuk mendesain secara rinci seluruh trek serta menunjuk staf MRK1 sebagai Chief Operating Officer Interim. Selain itu, RMI & MRK1 akan menyediakan tim operasional inti dan layanan manajemen acara untuk sejumlah acara internasional setiap tahunnya.

Baca juga: Alex Marquez Sebut Sirkuit Mandalika Berkarakter Cepat

Dalam merealisasikan proyek Sirkuit Mandalika, sebelumnya MGPA selaku pengelola Sirkuit Mandalika juga menyewa jasa firma arsitek ternama asal Inggris, Populous.

Populous merupakan firma arsitek yang pernah mendesain beberapa proyek besar di dunia. Sebut saja Exhibition Centre Liverpool, eSports Stadium Arlington, Nanjing Sports Park, Stadion Wembley, serta Sirkuit Silverstone, Inggris.