POPULAR STORIES

Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bahan Bakar Mobil Irit

Perhatikan 7 Hal Ini Agar Bahan Bakar Mobil Irit Pengisian bensin standar pabrikan (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BMM) membuat pemilik mobil memutar otak untuk menghemat biaya, saat melakukan perjalanan.

Ada beberapa cara agar pengeluaran untuk mengisi bensin bisa ditekan. Berikut 7 cara menghemat konsumsi bahan bakar mobil :

1. Servis secara berkala

Servis mobil secara teratur di bengkel resmi dapat menjaga performa mesin agar selalu optimal. Mengganti oli mesin setiap 6 bulan sekali, dan memastikan semua komponen bekerja dengan baik, menjadi salah-satu cara menghemat BBM.

Servis rutin di bengkel resmi

Baca Juga : Tips Memasang Stabilizer Bar Di Mobil, Bagian Mana Paling Utama?

2. Tekanan angin ban

Tekanan angin ban yang berkurang, membuat mobil butuh tambahan tenaga saat melaju. Periksa tekanan angin sesuai rekomendasi pabrikan, minimal sebulan sekali. Jangan mengisi angin ban melebihi ketentuan, karena dapat membuat mobil tidak nyaman dan mengurangi grip ban di jalan.

3. Manfaatkan peta digital

Aplikasi peta digital semakin bisa diandalkan untuk mencari rute, agar perjalanan lebih cepat, sehingga tidak memakan waktu. Kompensasinya adalah konsumsi bahan bakar juga lebih irit.

Periksa tekanan ban secara rutin

4. Manajemen waktu perjalanan

Pelajari jam sibuk di rute yang biasa ditempuh, dan sesuaikan dengan aktivitas rutin. Keputusan mengatur waktu perjalanan, juga membuat pengendara tidak terburu-buru, sehingga sanggup berkendara dengan rileks dan wajar.

Baca Juga : Untung Bagi Perusahaan, Ini Tips Bikin Ban Kendaraan Komersial Awet

5. Atur muatan mobil

Hindari membawa penumpang dan barang melampaui batas daya angkut. Beban berlebih akan membuat mesin membutuhkan tenaga besar, untuk bekerja. Komponen lain juga bekerja keras sehingga mereduksi usia pakainya.

Berkendara dengan manajemen waktu yang baik

6. Maksimalkan fitur kendaraan

Seperti fitur ECO Mode di beberapa model mobil akan membantu mengirit bensin. Kemudian ada juga ECO Indicator di panel instrumen, memberitahukan cara mengemudi tepat dan efisien. Transmisi otomatis modern juga memiliki manajemen ECU optimal dalam menjaga konsumsi BBM.

7. Isi bensin sesuai rekomendasi pabrikan

Mengisi BBM sesuai rekomendasi pabrikan, akan menjaga kesempurnaan proses pembakaran mesin. Jika tidak, sangat mudah terjadi gejala menggelitik, sehingga performa mesin akan menurun. Konsumsi bahan bakar akan semakin boros karena pengendara menekan pedal gas lebih dalam.