Perhatikan Ini Sebelum Memulai Hobi Offroad

Perhatikan Ini Sebelum Memulai Hobi Offroad Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk bisa melakukan offroad.

KabarOto.com - Hobi mengendarai mobil di trek ekstrem seperti lumpur, bebatuan sampai jalan tanah merupakan bagian dari mengemudi atau berkendara di jalur offroad. Banyak pencinta offroad dari berbagai kalangan selalu menjelajahi trek baru yang ekstrem di Jawa, Sumatera bahkan Kalimantan menelusuri hutan puluhan bahkan ratusan kilometer.

Namun banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk bisa melakukan offroad ini, diantaranya teknik mengendarai mobil dan juga fisik. Selain itu kondisi mobil juga sangat diperhatikan.

Baca Juga: Seru, Pemilik Jip Ditantang Jajal Trek Offroad Di Jambi

Ketua Land Rover Indonesia, Syamsir Alam berbagi informasi tentang hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan offroad. Menurutnya, offroad berbeda dengan mengendarai mobil biasa, selain mobil, persiapan fisik dan mental juga penting. Apalagi untuk offroader pemula.

Land Rover yang sudah dimodifikasi untuk offroad.

"Bagi calon offroader sebelum benar-benar memutuskan terlibat, harus tahu jenis offroad seperti apa, sekadar hobi atau mau yang kompetisi. Ini agar tidak salah arah.

Ukur kemampuan diri, jangan ikut-ikut orang lain. Kalau merasa enggak yakin, jangan sok-sok dipaksain. Gara-gara gengsi banyak orang yang celaka," ujar Syamsir di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Selajutnya menurut Syamsir, offroader harus tahu arah offroad yang diinginkan dan pilihan kendaraan. Mobil menjadi ini penting untuk menentukan jenis modifikasi yang harus dilakukan.

"Ini bisa membantu offroader pemula agar terhindar dari modifikasi berlebihan. Misalnya, tidak perlu dengan peralatan high competition kalau sekadar senang-senang saja. ujar Syamsir.

Offroader harus mempersiapkan fisik dan stamina untuk menaklukan jalur offroad ekstream.

Belajar teknik offroad yang benar dari orang-orang berpengalaman menurut Syamsir adalah hal yang harus diperhtikan. Belajar bisa lewat berbagai cara lewat baca atau nonton YouTube.

Setelah belajar teknik offroad yang benar, hal yang sama penting harus diperhatikan adalah urusan safety. Pada prinsipnya, offroad merupakan olahraga ekstrem yang dibayangi risiko setiap waktu.

Baca Juga: Didukung Herbamojo, Komunitas Land Rover Indonesia Akan Jelajahi Alam Sumatera

Safety belt itu penting menurutnya sangat penting, karena banyak kejadian orang celaka karena tidak memperhatikan hal tersebut. "Mikirnya ini hanya latihan dan senang-senang bukan kompetisi, urusan safety belt diabaikan," tuturnya.