Perhatikan Pola Ban Motor Agar Selamat Lalui Genangan Air

Perhatikan Pola Ban Motor agar Selamat Lalui Genangan Air

KabarOto.com - Hujan deras mengguyur Ibu Kota Jakarta selama dua hari (31/12-1/1), mengakibatkan banjir melanda di beberapa titik jalan raya dan pemukiman warga. Namun, aktivitas masih harus berjalan. Bagi pengendara sepeda motor pastinya perlu menjaga keselamatan selama berkendara apalagi melewati genangan air saat maupun setelah hujan. Sobat KabarOto harus perhatikan kondisi ban motor.

Perlu Sobat KabarOto ketahui, pola yang ada di ban bukan untuk fashion atau sekadar gaya tapi berfungsi untuk membelah genangan air. Sehingga, ketika tapak ban sudah halus dan tipis maka akan lebih mudah slip dan berakibat hilang kendali. Selain itu, tekanan angin ban sebaiknya dilakukan pengecekan berkala setiap satu minggu sekali.

Baca Juga: Bikers Wajib Gunakan "Alat Tempur" Ini Saat Terjang Hujan

Ban motor dibiarkan kotor dan sudah tak terlihat polanya

"Tekanan angin yang terlalu berlebih pun tidak bagus berbanding anginnya kurang," jelas Jusri Pulubuhu selaku Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

Sebab itu, Elsafan Rendianto Department head Marketing PT Suryaraya Rubberindo Industries juga memberi masukan agar pengendara pada musim penghujan ini memilih ban luar dengan alur yang banyak.

"Pilihan alur juga penting, hindari menggunakan ban dengan alur minim apalagi slick (tanpa alur)," tambahnya.

Ban gundul tidak aman lalui genangan air

Ternyata, sepeda motor juga memungkinkan untuk mengalami aquaplanning, atau kondisi di mana lapisan air terbentuk antara permukaan jalan dan ban. Apabila hal tersebut terjadi, ban bisa kehilangan traksi dan pengendara hilang kendali kontrol terhadap sepeda motor.

Bentuk ban sepeda motor lebih sempit dan bulat berbanding dengan ban mobil. Sehingga, risiko aquaplanning lebih kecil ditambah beban motor didistribusikan ke area lebih kecil. Bentuk tapak ban yang cenderung membulat menambah keamanan dengan lebih mudah membelah air, sayangnya hal tersebut tak berlaku dengan motor besar.

Baca Juga: Bikers, Pastikan Semua Ini Aman Saat Ingin Terjang Hujan

Pilihan ban motor FDR

"Sepeda motor dengan bobot yang lebih ringan dan ban yang lebar, seperti motor supersport, lebih berisiko alami aquaplanning," jelas Rendi.

Sobat KabarOto bisa menggunakan ban apapun untuk sepeda motor standar, tapi jangan gunakan ban motor yang tipis atau diperuntukan motor balap, ya! Beberapa pilihan ban FDR yang memiliki pola baik digunakan membelah genangan air seperti FDR Sport XR Evo, Genzi Pro, Spartax, atau Flemmo Pro.