POPULAR STORIES

Perlancar Arus Liburan Tahun Baru, Tol Jagorawi Akan Terapkan Contra Flow

Perlancar Arus Liburan Tahun Baru, Tol Jagorawi akan Terapkan Contra Flow Ilustrasi contra flow

KabarOto.com - Sistem lawan arus atau contra flow akan diterapkan PT Jasa Marga Tbk guna mendukung kelancaran arus lalu lintas di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor.

Adapun contra flow tersebut akan diterapkan di Jalan Tol Jagorawi arah Ciawi, Jawa Barat menjelang akhir tahun 31 Desember 2019.

Baca Juga: Pakai Jalan Tol Layang Jakarta - Cikampek II Elevated, Ini Rest Area Terdekat

"Kami telah mengidentifikasi titik-titik yang berpotensi menyebabkan kepadatan di Jalan Tol Jagorawi, terutama yang menuju Puncak atau Ciawi, kata Irra Susiyanti, Marketing and Communication Department Head Jasamarga Regional Jabodetabek-Jabar, di Jakarta, Minggu (29/12).

Sistem lawan arus tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab dan diskresi kepolisian. "Untuk yang menuju Puncak atau Ciawi, jika terjadi kepadatan, atas diskresi kepolisian akan dilakukan contra flow," katanya.

Bersifat situasional

Penerapan contra flow ini pun bersifat situasional, dengan titik masuk menyesuaikan kondisi di lapangan. Selama ini, skema lawan arus sudah rutin dilakukan, yakni dari kilometer 44 sampai Kilometer 46+400 di jalan Tol Jagorawi arah Ciawi.

"Untuk meningkatkan kapasitas di gerbang tol, kami juga mengoperasikan semua gardu di Gerbang Tol Ciawi dan menambah mobile rider (petugas yang membantu transaksi di gerbang tol) serta petugas tapping pada 31 Desember 2019," tutur Irra.

Ia menambahkan, dua hari jelang malam tahun baru, volume kendaraan dari arah Jakarta dan sekitar menuju kawasan Puncak, Bogor, masih terus meningkat. Arus kendaraan terus mengalir di sepanjang jalur Puncak sejak Senin (30/12) pagi.

Baca Juga: Tahun Baru, Tarif Baru! 3 Januari Mulai Di Tol Cipali

Arus kendaraan didominasi roda empat, dan bus wisata. "Volume kendaraan yang melintas pada 31 Desember 2019 diprediksi mencapai 29 ribu sampai 30 ribu unit kendaraan," pungkas Irra.

Pada malam tahun baru, jalur Puncak akan ditutup untuk segala jenis kendaraan mulai 31 Desember pukul 18.00 WIB. Untuk itu, warga yang akan menghabiskan waktu pergantian tahun di Puncak diimbau agar berangkat lebih awal.