POPULAR STORIES

Permudah Pemudik, Tol Japek II Selatan Bakal Beroperasi Secara Fungsional

Permudah Pemudik, Tol Japek II Selatan Bakal Beroperasi Secara Fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek Selatan (Japek) II Selatan Paket 3 Sukabungah-Sadang (Waskita Karya)

KabarOto.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk siap mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Jakarta - Cikampek Selatan (Japek) II Selatan Paket 3 Sukabungah - Sadang menjelang Lebaran tahun 2023.

"Waskita berharap dengan dibukanya secara fungsional ini bisa semakin mempersingkat waktu tempuh masyarakat saat mudik Lebaran nanti,” ujar Director of Operation III Perseroan Warjo dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/4).

Baca Juga : Program Hino Di Jalur Mudik Jawa Dan Sumatera, Layanan Bengkel Sampai Promo Suku Cadang

Dengan hadirnya Jalan Tol Japek II Selatan Paket 3 ini nantinya diharapkan bisa mengurangi kepadatan panjang di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting.

Pembangunan konstruksi Jalan Tol Japek II Selatan terbagi dalam tiga paket, yaitu Paket I Jati Asih-Setu, Paket II Setu-Sukabungah, dan Paket III dari Sukabungah-Sadang.

Jalan Tol Japek II Selatan merupakan akses jalan tol yang dimulai dari Jati Asih menuju Sadang. Jalan tol ini terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Jalan Tol Purbaleunyi. Nantinya, akan ada tujuh gerbang tol (GT) di jalan tol ini. Ketujuh GT tersebut adalah GT Jati Asih, Bantar Gebang, Setu, Sukaragam, Taman Mekar, Kutanegara, serta Sadang.

Jalan tol baru (Foto: Dok PU)

PT Waskita Beton Precast (WSBP) sebagai anak perusahaan BUMN Waskita menegaskan percepatan penyelesaian proyek jalan bebas hambatan Jakarta - Cikampek II Selatan paket 3.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menargetkan Jalan Tol Jakarta Cikampek (Japek) II Selatan segmen Kutanegara-Sadang beroperasi pada Lebaran 2023.

Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan untuk segmen Kutanegara-Sadang yang selama ini fungsional bisa beroperasi pada Lebaran 2023.

Baca Juga : Begini Cara Pilih Pelumas Kendaraan Yang Baik

Kementerian PUPR menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk melakukan percepatan penyelesaian pembangunan Japek Selatan secara bertahap, utamanya pada Seksi 3 Taman Mekar-Sadang sepanjang 27,85 km.

Jalan tol tersebut diharapkan bisa diselesaikan seluruhnya pada 2024. Sedangkan untuk Lebaran 2023 diupayakan penyelesaian sampai dengan Gerbang Tol Sukabungah, sementara tahun 2024 selesai hingga Gerbang Tol Jati Asih.