Persiapan Penting Sebelum Berkendara Di Tengah Unjuk Rasa

Persiapan Penting Sebelum Berkendara di Tengah Unjuk Rasa Ilustrasi kepadatan

KabarOto.com - Beberapa pekan ini aksi unjuk rasa menemani hari-hari dengan pemberitaan di kanal apapun. Mulai dari media mainstream hingga media sosial memberi informasi terkait aksi tersebut. Banyak juga info terkait penutupan atau pengalihan jalan demi meminimalisir kepadatan lalu lintas.

Auto2000 memberikan beberapa tips persiapan perjalanan, bagi para pengendara yang harus tetap beraktivitas saat massa melakukan aksinya di banyak titik.

Pertama, Sobat KabarOto bisa mencari informasi terlebih dahulu terkait titik aksi unjuk rasa dilakukan. Selanjutnya, lihat juga daerah mana saja jalan yang ditutup atau pengalihan arus lalu lintasnya. Persiapan ini membuat para pengendara bisa mempersiapkan jalur alternatif, sehingga tidak perlu mendadak bingung.

Baca Juga: Mobil Rusak Akibat Demo? Ini Tips Auto2000

Setelah mendapatkan informasi sebelum memulai perjalanan, ada baiknya Sobat KabarOto terus melakukan update terkait penutupan jalan dan pengalihan arus selama perjalanan. Hal ini bisa dilakukan melalui media sosial, media mainstream atau radio.

Selanjutnya, Sobat KabarOto bisa memanfaatkan aplikasi peta untuk mencari rute yang menurutmu terbaik. Pasalnya, ada aplikasi tertentu yang selalu bisa update dengan kondisi terbaru di lokasi atau lalu lintas yang akan dilewati.

Baca Juga: Cara Menghindari Aksi Demonstrasi Saat Mengemudi

Melalui aplikasi itu pula Sobat KabarOto bisa melihat jalur akan berwarna kuning atau merah sebagai tanda kepadatan lalu lintas.

Auto2000 juga memberi saran agar Sobat KabarOto menyiapkan sejumlah hal untuk antisipasi terjebak macet, misalnya camilan. Tak hanya perutmu, pastikan tangki bahan bakar terisi penuh agar tak 'lapar' di tengah macet. Jangan lupa juga untuk selalu siapkan hand sanitizer serta menggunakan masker karena saat ini masih pandemi.

Saat demo berlangsung, tentu sangat wajar apabila kendaraan terjebak macet atau harus berputar-putar mencari jalan karena rekayasa lalu lintas. Terlihat sepele, tetapi Sobat KabarOto harus berkendara dalam keadaan tenang dan jaga emosi di situasi tersebut.

Baca Juga: Sosok Mobil Raisa, Yang Siap Bikin Demonstran Mual Dengan 'Nyanyiannya'

Nah, apabila secara tak sengaja bertemu dengan massa unjuk rasa, jangan lupa tutup seluruh kaca dan pastikan mobil dalam keadaan terkunci. Kesabaran juga diuji apabila ada massa yang melakukan hal tak baik, jangan sampai terpancing emosi, Sob.

"Persiapkan diri dan kendaraan, jaga emosi, fokus, dan tetap waspada saat mengemudi mobil di jalan ketika ada aksi demo," ujar Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya.