POPULAR STORIES

Pertahankan Prestasi Di Lingkungan, Pelumas Pertamina Diganjar Penghargaan Kementerian

Pertahankan Prestasi di Lingkungan, Pelumas Pertamina Diganjar Penghargaan Kementerian

KabarOto.com - PT Pertamina Lubricants Production Unit Cilacap (PUC) dan Production Unit Gresik (PUG) kembali mempertahankan prestasi dalam bidang lingkungan hidup dan tanggung jawab sosial yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Senin kemarin (14/12).

Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants, Iwan Ridwan Faizal menyampaikan, bahwa pabrik PUC dan PUG memiliki komitmen tinggi terhadap pengelolaan lingkungan dan sosial yang terbukti atas pencapaian PROPER Hijau yang diraih secara konsisten yakni 9 tahun berturut-turut untuk PUC dan 4 tahun berturut-turut untuk PUG.

Tahun 2020, PUC melahirkan program Pertamina Sahabat Nelayan dengan meluncurkan bengkel mesin kapal dan juga melakukan pelatihan, pendampingan organisasi, edukasi literasi, dan edukasi mekanik bagi nelayan Tambakreja.

Selain itu, PUC juga meluncurkan aplikasi digital yang merupakan sebuah platform belajar dan berwirausaha bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang terlibat dalam program CSR Enduro Home Service. Aplikasi ini merupakan jawaban akan tantangan belajar-mengajar di tengah pandemik Covid-19, pembelajaran kewirausahaan perbengkelan yang biasanya dilakukan di ruang kelas kini dapat dilakukan secara online.

Baca Juga: Permintaan BBM Diprediksi Naik Saat Libur Natal Dan Tahun Baru

Sementara itu, PUG terus berkomitmen melalui Kampung Markisa bersama kader lingkungan setempat dengan pemanfaatan lahan sempit area perkotaan di Kelurahan Sukorame, Gresik. Tidak hanya itu, bersama Karang Taruna RW 7 Kelurahan Sidokumpul, PUG mengembangkan program yang mampu menggabungkan budaya “ngopi” dengan isu beat pollution dan sampah agar tetap menjaga dan melestarikan lingkungan melalui program “Ngopi Bayar Pakai Sampah” dan “Sampah Tukar Oli”.

“Selama masa pandemi, PUC dan PUG juga terus melakukan kegiatan penanggulangan pandemi Covid-19 untuk masyarakat sekitar, seperti pemberian bantuan APD, alat kesehatan, disinfektan, bantuan sosial, bantuan wastafel cuci tangan yang dibuat dari drum bekas Non-B3 serta program yang mendorong pergerakan roda perekonomian seperti bimbingan Bukdikdamber kepada masyarakat,” kata Iwan.