POPULAR STORIES

Permintaan BBM Diprediksi Naik Saat Libur Natal Dan Tahun Baru

Permintaan BBM Diprediksi Naik Saat Libur Natal dan Tahun Baru SPBU Pertamina

KabarOto.com - Dalam rangka mempersiapkan kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) selama libur Natal dan Tahun baru (Nataru) Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I sudah membentuk tim satuan tugas (Satgas) pada 7 Desember 2020 hingga 7 Januari 2021. Tim ini nanti akan memantau kelancaran penyaluran BBM juga kondisi di lapangan.

“Menjelang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, tim Satgas kita akan bertugas memantau penyaluran dan kelancaran distribusi BBM," terang Executive General Manager Regional Sumbagut, Herra Indra Wirawan, Selasa kemarin (15/12).

Baca Juga: Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum Pertamina Resmi Beroperasi

Uaya Pertamina dalam pengamanan pasokan BBM dengan meningkatkan stok BBM dan LPG, penambahan mobil tangki dan SPBU Kantong yang tidak ada fasilitas layanan, dengan menghadirkan BBM kemasan.

Seorang Operator mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina

“SPBU kantong ini untuk memastikan ketersedian stok BBM di beberapa titik padat wisata dan mudik," terangnya, Selasa (15/12).

Daerah yang dimaksud adalah rawan kemacetan seperti daerah wisata Berastagi, Tebing Tinggi dan Danau Toba.

"Jalan lintas Medan sampai Rantau Prapat juga padat selama liburan,” katanya.

Pertamina juga menghadirkan motor kemasan di lima SPBU di Kota Medan dan empat SPBU di Sibolga. Selanjutnya, layanan BBM dioperasikan sebanyak dua SPBU di Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi, di km 56A dan km 56 B.

Ia mengaku pihaknya juga berkomunikasi dengan berkoordinasi dengan Polri, ESDM dan BPH Migas serta dinas terkait agar kelancaran distribusi BBM dan LPG tetap terjaga. “Kami membentuk posko satgas untuk menjamin ketersedian dan kelancaran distribusi BBM," tambahnya

Herra menambahkan, prediksi realisasi harian BBM selama masa Satgas periode H-7 Natal dan H+7 tahun baru 2021, BBM jenis bensin yaitu Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo mengalami peningkatan sebesar 3,8%.

Baca Juga: Hadirkan BBM Ramah Lingkungan, Pertamina Siapkan Pertamax Turbo Di Bangka

Angka itu naik dibandingkan rata-rata harian normal sebelum satgas, yaitu dari 11.520 kilo liter (kl) menjadi 11.960 kl. Sementara itu, BBM mesin diesel meliputi Pertamina Dex, Dexlite dan Biosolar diprediksi mengalami peningkatan 4% dari konsumsi harian normal, yaitu 7.121 kl menjadi 7.405 kl.