POPULAR STORIES

Pertamina Lubricants Cetak Calon Pengusaha Bengkel Roda Dua

Pertamina Lubricants Cetak Calon Pengusaha Bengkel Roda Dua ESP gelombang pertama (Pertamina)

KabarOto.com - PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region IV, kembali meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) yakni, 'Enduro Student Program'. Program pelatihan dan entrepreneurship perbengkelan roda dua ini, diadakan dalam rangka menciptakan tenaga muda produktif dan mandiri.

Kali ini, program ESP hadir di kota Semarang (16/10/2018). ESP merupakan program rangkaian pendidikan, pelatihan dan kewirausahaan mandiri khususnya di dunia perbengkelan roda dua, bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK Otomotif dan Teknik unggulan serta SMA.

Perekrutan peserta pelatihan ESP ini, pertama dilakukan seleksi wawancara, kemudian memilih peserta yang memenuhi kualifikasi untuk mengikuti pelatihan. Total peserta kali ini berjumlah 21 siswa, dari berbagai SMK di wilayah Semarang dan sekitarnya. Seperti Kota Semarang, Kab. Semarang, Kab. Demak dan Kab. Blora.

Baca Juga: Pertamina Pastikan Pertamax Dipasarkan Di Manokwari

ESP sendiri terdiri dari berbagai tahapan. Tahapan pertama adalah pelatihan teknis sepeda motor dan non-teknis selama 34 hari. Pelatihan teknis sepeda motor merupakan pelatihan yang bertujuan untuk memperdalam pengetahuan peserta ESP mengenai kendaraan bermotor. Pelatihan dilakukan di LPK Djineka Abadi, Pedurungan, Semarang.

Pelatihan kepada siswa

Di sana, peserta melakukan pelatihan yang dimulai dari jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore. Peserta tidak hanya akan belajar mengenai motor 2T dan 4T, akan tetapi juga belajar mengenai motor matic dan injeksi karena dewasa ini pengguna motor matic dan injeksi semakin banyak.

Kemudian, peserta juga akan menerima materi non-teknis, yaitu materi yang lebih bertujuan untuk membangun karakter dan kreativitas entrepreneurship peserta ESP. “Untuk menjalankan sebuah usaha ada banyak persiapan. Hal yang paling penting adalah persiapan ilmu dan mental. Oleh karena itu, rangkaian pelatihan teknis dan non-teknis harus dilakukan," ujar Putu Denik Suastika, Manager Sales Region IV.

Baca Juga: Unik, Dealer Mobil Ramai-ramai Pajang Mobil Bekas Tabrakan

Setelah menyelesaikan pelatihan teknis sepeda motor dan pelatihan non-teknis, peserta akan melakukan magang di bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants. Ketika magang, peserta akan menerima mentorship dan pelatihan kerja langsung oleh mekanik yang sudah berpengalaman.