POPULAR STORIES

Pertamina Lubricants Siap Hadirkan Pelumas Untuk D-100

Pertamina Lubricants Siap Hadirkan Pelumas untuk D-100

KabarOto.com - Pertamina sudah membuat bahan bakar 100 persan nabati bernama D-100. Bahan bakar untuk kendaraan ini dibuat dari bahan minyak kelapa sawit (CPO).

Pertamina sudah melakukan uji coba melalui uji jalan, mereka mencampurkan D-100 sebanyak 20% dan Dexlite sebanyak 50%, serta FAME sebanyak 30%. Hasilnya sangat baik, mobil MPV buatan tahun 2017 yang digunakan untuk uji coba tidak mengalami kendala.

Baca Juga: Pertamina Lubricants Jadi 15 Perusahaan Pelumas Terbesar Di Dunia

Untuk mendukung kinerja mesin bio solar, Pertamina Lubricants sudah melakukan riset menghadirkan pelumas dengan kualitas terbaik.

Pertamina Lubricants Pabrik

Sinung Wikantoro selaku Coordinator of Product Development Specialist PT Pertamina Lubricants mengatakan, saat ini pemerintah punya aturan untuk meningkatkan penggunaan minyak nabati untuk biodiesel. “Kami prioritaskan untuk research pelumas biodiesel,” terang Sinung akhir pecan kemarin.

Dalam kesempatan yang sama, Fathona Shorea Nawawi Product Development Specialist Automotive Gear Oil PT Pertamina Lubricants, mengatakan, research yang dilakukan mereka untuk bahan bakar minyak jenis Biosolar 100 persen minyak sawit memiliki tantangan.

Baca Juga: Lahirkan Bengkel Berpengalaman, Pertamina Gelar Pendidikan Di Balikpapan

“Bagaimana kami membuat pelumas agar bisa bertahan dengan kondisi bahan bakar yang mulai berubah jadi 100% nabati,” terangnya saat ngobrol virtual dengan media, pekan lalu.

Selain mengembangkan pelumas untuuk 100 nabati, Fathona sudah siap dengan standar emisi gas buang, yang akan diterapkan Indonesia. Karena, mereka sudah memasuki pasar dunia, yang sudah memenui standar Euro4 bahkan sudah sampai Euro5 dan Euro6.

"Kami sudah siap dengan produk Euro4 sampai Euro6, sudah dipasarkan ke luar negeri,” terangnya.

Pertamina Lubricants, saat ini sudah menjual produknya ke-17 negara. Produk-produk mereka kualitasnya sudah terbukti di ajang balap GT3 dan Super Trofeo Championship. Pelumas ini digunakan pada supercar Lamborghini.