Pertamina Siaga Juga Ada Di Tol Trans Sumatera, Ini Lokasi Sebarannya

Pertamina Siaga Juga Ada di Tol Trans Sumatera, Ini Lokasi Sebarannya Gerbang Tol Simpang Pematang (Foto: PUPR)

KabarOto.com - Wah, tidak terasa bulan Ramadan sebentar lagi berakhir. Persiapan mudik seperti kendaraan, fasilitas umum, dan lainnya juga sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari oleh berbagai pihak. Salah satunya Pertamina yang akan memasok Bahan Bakar Mesin (BBM) diseluruh penjuru Tanah Air.

Baca Juga: Jelang Arus Mudik, Pertamina Siapkan SPBU , Mobile Dispenser Dan Kios

Sambut serta dukung masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, Pertamina menyediakan sejumlah layanan tambahan. Nah, layanan baru dari Pertamina ini masuk dalam program Pertamina Siaga. Diharapkan, program layanan ini bisa menambah perjalanan semakin aman dan nyaman.

"Upaya kami untuk memberikan yang terbaik bukan saja dengan menyediakan produk berkualitas tinggi, seperti Pertamax dan Dex Series. Melainkan juga sejumlah layanan tambahan melalui program Pertamina Siaga yang dilaksanakan selama Ramdan dan masa mudik," jelas VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman.

Beberapa waktu belakang, Tol Trans Jawa sedang menjadi primadona karena jalan bebas hambatan ini mampu mempercepat waktu perjalanan. Sehingga masyarakat hanya membutuhkan waktu yang relatif lebih pendek dibandingkan dengan jalan di trek biasa.

Baca Juga: Jelang Mudik, Pertamina – BNI Maksimalkan Transaksi Cashless Di SPBU

Tidak hanya Tol Trans Jawa, Tol Trans Sumatera juga terbukti sangat membantu perjalanan. Bagi pemudik yang akan melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui tol ini. Walaupun masih bersifat fungsional, ruas Tol Bakauheni hingga Kayu Agung sudah bisa dilalui loh.

Pertamina Marketing Operation Region II Sumatera bagian Selatan juga sudah menyiapkan fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan. Yaitu fasilitas pengisian BBM sebanyak 7 modular dan 6 kios Pertamina Siaga, yang di alokasikan pada ruas tol tersebut.

"Untuk di ruas tol operasional Bakauheni – Terbanggi besar, Pertamina Siaga hadir dalam bentuk SPBU Modular di Rest Area Kilometer 33A, Km 87A dan 87B, serta Km 115A dan 115B, untuk Km 33B sementara kami siapkan Kiosk Pertamina Siaga. Khusus arus mudik dan balik, kami skenariokan di ruas Bakauheni dan Terbanggi Besar beroperasi 24 jam," jelas General Manager Pertamina MOR II Sumbagsel, Primarini.

Ruas Tol Fungsional mulai dari Terbanggi Besar hingga Pematang Panggang akan lebih banyak disiapkan Kiosk Pertamina Siaga. Yang difungsikan untuk melayani arus mudik hingga arus balik. Untuk SPBU Modular juga disiapkan di 2 rest area, di Km 215B dan 234A tersedia produk Pertamax dan Dex.

Baca Juga: Pertamina: Jangan Biarkan Indikator Bahan Bakar Dibawah 50% Saat Mudik Lebaran

Ada sedikit perbedaan terkait produk yang disiapkan pada setiap lokasi. Seperti untuk Km 33A disiapkan Pertamax dan Dec, sedangkan untuk Km 33B Pertamax dan Dex kemasan. Di Km 87 A dan 87B disiapkan Pertamax dan Bio Solar sebanyak 11 KL.

Sedangkan Km 115A dan 115B disediakan Pertamax dan Bio Solar dengan jumlah yang lebih sedikit yaitu 3 KL. Namun, baik di Km 87 maupun 115 juga disiapkan Dex Kemasan sebagai alternatif bahan bakar diesel.

Baca Juga: Jelang Mudik, Pertamina Sediakan 112 Titik SPBU Di Tol Trans Jawa

"Kami siapkan stok sebesar 3 KL Pertamax dan Dex untuk melayani pemudik dari jam 6 pagi hingga 17 sore sesuai jam operasional tol fungsional yang berlaku. Rencananya juga akan ada tambahan tangki kapasitas 24 KL di Km 215B untuk memastikan pelayanan prima bagi pemudik," jelas Primarini.

Melengkapi SPBU Modular di Km 215B dan 234A, Kiosk Pertamina Siaga juga menyiapkan dan menyediakan 30 BBM Kemasan kapasitas 10 liter untuk Produk Pertamax dan Dex. Untuk sebaran Kiosk Pertamina Siaga lainnya juga disiapkan di Km 163A, 172B, dan Km 208A.

Masuk ke wilayah Sumatera Selatan mulai dari Pematang Panggang menuju Kayu Agung, saat ini baru disiapkan satu titik Kiosk Pertamina Siaga untuk melayani pemudik yakni di Km 285B. Namun, Pertamina memastikan stok di Kiosk tersebut dapat selalu memenuhi kebutuhan pemudik.

Baca Juga: Selain Isi Bahan Bakar, Pertamina Sediakan Tempat Istirahat Untuk Pemudik