POPULAR STORIES

Pertamina Siapkan Satgas Guna Menyalurkan BBM Dan LPG Di Indonesia Timur

Pertamina Siapkan Satgas Guna Menyalurkan BBM dan LPG di Indonesia Timur Foto: Pertamina

KabarOto.com - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H yang sebentar lagi dirayakan, Pertamina menjalankan tugasnya untuk mengamandkan stok serta memastikan kelancaran distribusi BBM dan LPG.

Baca Juga: Pertamina: Jangan Biarkan Indikator Bahan Bakar Dibawah 50% Saat Mudik Lebaran

Agar berlangsung tanpa kendala yang berarti PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII Maluku – Papua membentuk Satuan Tugas Ramadan dan Idul Fitri. Satgas juga bertugas untuk mengantisipasi kebutuhan BBM dan LPG di Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Nantinya, Tim Satgas akan tersebar di Kantor Unit Jayapura untuk 20 Terminal BBM dan 1 Jobber. Selain itu ada pula 11 DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara) di seluruh wilayah operasional MOR VIII Maluku - Papua. Beberapa wilayah juga sudah dicek kesiapannya oleh General Manager beserta Tim Manajemen MOR VIII.

Pengecekan langsung beberapa Terminal BBM dan DPPU seperti di Sorong, Manokwari, Wayame Ambon, DPPU DEO Sorong, DPPU Rendani, dan DPPU Pattimura.

Dari 4 provinsi yang bakal disalurkan oleh operasional MOR VIII, Pertamina memberikan prediksi penyaluran Gasoline seperti Premium, Pertalite, dan Pertamax akan mengalami kenaikan. Diperkirakan akan bertambah 1,8% jika dibandingkan dengan penyaluran normal atau bukan momentum.

Sebaliknya untuk produk Gasoil seperti Solar, Bio Solar dan Dexlite diprediksi akan menurun. Dimana penurunannya diperkirakan sebesar 20%. Hal ini diperkirakan kendaraan seperti truk akan mengalami penurunan aktivitas. Baik truk proyek maupun truk angkutan, ditambah aktivitas proyek akan berhenti beroperasi selama Hari Raya.

Baca Juga: Kebijakan Satu Arah Di Tol Trans Jawa Diberlakukan, Perhatikan Tanggal Dan Rutenya

Baik penambahan maupun penurunan, Pertamina akan memastikan seluruh terminal BBM bakal beroperasi selama periode satgas. Pun memastikan sarana dan fasilitas penerimaan, penimbunan dan penyaluran BBM di seluruh lokasi.

Pertamina juga akan memonitor stok BBM dan LPG di seluruh wilayah dengan sistem komputerisasi, yaitu Sistem Informasi Management Suppy & Distribution. Sebanyak 218 mobil tangki dan truk, armada mobil tangki industri, 20 kapal tangker, 8 unit pesawat udara, dan 59 unit Kapal Laut Pengangkut BBM akan disiapkan Pertamina untuk membantu tersalurnya BBM.

Baca Juga: Jelang Mudik, Pertamina – BNI Maksimalkan Transaksi Cashless Di SPBU