POPULAR STORIES

Pertamina Ungkap, 80 Persen BBM Bersubsidi Digunakan Orang Kaya

Pertamina Ungkap, 80 Persen BBM Bersubsidi Digunakan Orang Kaya Pertalite digunakan pengendara motor (Foto: kabarOto)

KabarOto.com - Pihak Pertamina mengungkapkan, jika 60% masyarakat menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi seperti Pertalite dan Bio Solar adalah orang kaya.

"Sebanyak 60% masyarakat mampu atau yang masuk dalam golongan kaya ini mengonsumsi hampir 80% dari total konsumsi BBM bersubsidi," jelas Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, belum lama ini.

Baca juga: Beli Pertalite Subsidi, Ini Cara Daftar Aplikasi MyPertamina

Sementara Irto Ginting menambahkan, 40% masyarakat rentan dan miskin hanya mengonsumsi 20% dari total subsidi energi tersebut. Penggunaan subsidi tidak tepat sasaran ini mendorong Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial and Trading Pertamina mengupayakan mekanisme, subsidi diterima tepat sasaran.

Subsidi tepat sasaran ini penting, mengingat Pemerintah telah mengalokasikan dana hingga Rp 520 triliun untuk subsidi energi pada tahun 2022.

Upaya menciptakan mekanisme penyaluran BBM Subsidi tersebut juga merupakan pelaksanaan dari Peraturan Presiden No 191 Tahun 2014 serta Surat Keputusan (SK) Kepala BPH Migas No 04/P3JBT/BPH Migas/KOM/2020.

Pertalite menjadi BBM khusus pengganti Premium (Foto: KabarOto)

Regulasi saat ini sudah jelas, menetapkan segmentasi pengguna, kuota dan lainnya mengenai penyaluran BBM Subsidi, namun di lapangan masih tidak tepat sasaran.

"Oleh karena itu, Pertamina Patra Niaga sebagai pelaksana penugasan berinisiatif mengembangkan mekanisme baru untuk memastikan penyaluran di lapangan tepat sasaran," jelas Irto. Mekanisme tersebur sedang diuji coba, dimulai melalui pendaftaran di Website MyPertamina.

Baca juga: Anjurkan Sejumlah Jenis Kendaraan Setidaknya Gunakan Pertalite, Pertamina Gandeng 10 Komunitas Mobil

Pendaftaran ini, menurut dia untuk pencocokan data berbasis sistem atau digital mulai 1 Juli 2022, telah membuka pendaftaran melalui Website: wwe.mypertamina.id/subsiditepat

Pada masa pendaftaran ini, menurut dia, masyarakat masih bisa membeli Pertalite dan Solar Subsidi.

"Namun masyarakat diharapkan segera mendaftarkan kendaraan roda empat dan identitasnya untuk mendapat QR Code," tuturnya. Pendataan ini ditujukan untuk memastikan subsidi tepat sasaran.