POPULAR STORIES

Pesan Mobil Listrik Sekarang, Dapat Subsidi Setelah Pemerintah Umumkan Besarannya

Pesan Mobil Listrik Sekarang, Dapat Subsidi Setelah Pemerintah Umumkan Besarannya Beli Wuling Air ev di GJAW dapat subsisi (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Pemerintah akan memberikan subsidi kepada konsumen yang hendak membeli kendaraan listrik. Ada 5 merek yang mendapatkan potongan harga, di antaranya Wuling Air ev, Hyundai Ioniq 5, motor listrik Gesits, Volta dan Selis.Subsidi diberikan kepada merek yang telah memenuhi syarat, salah satunya Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 40%.

Baca Juga: Penjualan Wuling Air Ev Merosot Tajam, Konsumen Menunggu Subsidi Pemerintah

Untuk motor listrk, pemerintah sudah menetapkan pemberian subsidi sebesar Rp 7 juta, dan mulai berlaku akhir Maret 2023 ini. Sementara itu, untuk mobil belum ada informasi lebih lanjut, berapa yang bakal diterima. Lalu bagaimana jika konsumen memesan mobil listrik awal Maret ini, terutama di event Gaikindo Jakarta Auto Week?

Wuling Air ev (Foto: KabarOto)

Salah satu tenaga penjual Wuling di booth GJAW mengatakan, jika konsumen melakukan pemesanan sekarang, dan nanti subsidi ditetapkan akhir bulan atau setelahnya, maka konsumen langsung dipotong harganya berdasarkan subsisi yang ditetapkan.

"Kalau membeli cash, nanti kita akan kembalikan jumlahnya sesuai subsidi, kalau kredit, nanti akan dikurangi juga," terang tenaga penjual wanita itu. Ia pun belum mendapatkan informasi berapa kisaran subsidi yang akan diterima.

Sebagai informasi, Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik dan hybrid sepanjang 2022 mencapai 15.437 unit.

Baca Juga: KPBB Sebut Subsidi Motor Listrik Selamatkan Devisa Negara

Tercatat mobil listrik berhasil terjual 10.327 unit tahun lalu. Sedangkan 2021 hanya berada di angka 685 unit. Dari data tersebut diketahui Wuling Air ev Long Range menjadi yang terlaris dengan angka penjualan 6.859 unit.