Petronas Jadi Tim Satelit Yamaha Musim Depan?

Petronas Jadi Tim Satelit Yamaha Musim Depan? Ilustrasi Motor MotoGP Yamaha Petronas (Foto: GP One)

KabarOto.com- Hengkangnya Monster Tech3 dari Tim Satelit Yamaha membuat pabrikan asal Jepang itu mulai bergerak cepat mencari penggantinya. Negosiasi pun terus dilancarkan ke beberapa tim indepen untuk slot satelit mereka musim depan.

Sebelumnya sempat beredar rumor, Yamaha ingin menggandeng Marc VDS sebagai tim satelit. Namun, rencana itu kemungkinan tidak akan terwujud karena masalah internal Marc VDS.

Marc VDS yang selama ini bekerja di bawah naungan Honda sebagai tim satelit tengah bermasalah. Bos tim Marc VDS, Michael Barthelomy memutuskan keluar dari tim setelah terlibat pertikaian dengan Marc van der Stratern. Bahkan, tim tersebut dirumorkan segera hengkang dari MotoGP musim depan.

Baca Juga: Marquez Waspadai Ancaman Lorenzo Jelang MotoGP Belanda 2018

Menurut laporan GP One, rumor kuat justru menyebutkan perusahaan minyak asal Malaysia, Petronas, akan masuk ke MotoGP dengan motor YZR-M1. Petronas nantinya membeli semua aset Marc VDS MotoGP.

Untuk jatah slot pembalap, Yamaha dikabarkan mengincar nama Dani Pedrosa yang kontraknya bersama Repsol Honda habis musim depan, untuk ditandemkan dengan Franco Morbidelli.

Morbidelli sendiri sudah terikat kontrak dengan Marc VDS untuk musim depan. Namun, jika Marc VDS dinyatakan bubar, sangat mungkin pembalap Italia tersebut mengendarai YZR-M1 di bawah bendera Petronas Yamaha.

Baca Juga: Jumlah Pembalap MotoGP 2019 Terancam Berkurang

Pembalap dari tim baru ini juga tidak main-main. Dani Pedrosa yang tidak diperpanjang kontraknya oleh Repsol Honda akan menjadi pembalap utamanya. Ia akan tandem dengan Franco Morbidelli.

Pengumuman tim Petronas Yamaha segera diumumkan setelah MotoGP Belanda 2018 di Assen, pada 29 Juni-1 Juli mendatang.