POPULAR STORIES

Pikap Listrik Rivian R1T, Lolos Uji Coba Lewati Banjir

Pikap Listrik Rivian R1T, Lolos Uji Coba Lewati Banjir

KabarOto.com – Salah satu isu dari kendaraan listrik adalah kemampuannya saat melewati banjir. Pasalnya, air adalah suatu hal yang tidak bisa disatukan dengan peralatan listrik.

Untuk menepis hal tersebut, salah satu merek mobil listrik bernama Rivian melakukan pengujian di calon pikap terbarunya yang akan diluncurkan pada September ini.

Dalam pengujiannya, produk bernama Rivian R1T berhasil melewati genangan air sedalam 1,3 m tanpa kendala. Hasilnya, perangkat listrik dari sistem penggeraknya tetap kedap air, mobil tetap melaju dengan baik, dan yang terpenting orang yang ada di dalam dan sekitar mobil tetap aman.

Baca Juga : Toyota Investasi Rp192 Triliun Kembangkan Baterai Mobil Listrik

Selain pengujian, pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat ini berhasil memenuhi persyaratan keamanan untuk Rivian R1T dengan hasil yang baik. Sebagai catatan, setiap mobil listrik harus bisa beradaptasi dengan beberapa hal yang berhubungan dengan air.

Sebagai informasi, sistem kendaraan listrik relatif aman digunakan untuk menerjang banjir. Asalkan, perangkat baterai dan motor listriknya tersegel baik sehingga terisolasi dari air dan tidak sampai masuk ke dalam sistem.

Baca Juga : Apple Gandeng Toyota Kembangkan Mobil Listrik

Setiap kendaraan listrik yang akan diproduksi dan dijual, harus memiliki persyaratan dari Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berupa International Protection (IP) Rating System. Salah satu contohnya adalah IP65 yang diklaim mampu melindungi baterai dan motor listrik dari debu dan air bertekanan rendah.

Sementara itu, pada level IP yang lebih tinggi perangkat baterai dan motor listrik bahkan mampu bertahan pada air bertekanan tinggi. Contohnya IP68, merupakan grade yang digunakan pada sistem kapal selam.