POPULAR STORIES

Pintu Geser Elektrik Bermasalah, Kia Carnival Ditarik Kembali

Pintu Geser Elektrik Bermasalah, Kia Carnival Ditarik Kembali Kia Carnival 2022-2023 (Foto: Kia)

KabarOto.com - Kia Carnival ditarik kembali akibat adanya 9 laporan cedera tangan yang terjepit di pintu geser elektrik. Di mana, pabrikan asal Korea Selatan mengatakan bahwa pintu geser elektrik Carnival sama dengan dengan minivan lainnya, namun terdapat ubahan terkait keselamatan.

Tercatat ada 51.568 unit Kia Carnival produksi 2022-2023 yang ditarik kembali, untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan. Kasus ini terjadi pertama kali pada tahun 2021, di mana anak pemilik mobil terluka karena pintu geser elektrik.

Baca Juga: Bengkel Siaga Kia Sambut Konsumen Yang Sedang Lebaran

Dalam penyelidikannya, Kia mengetahui ada 9 orang mengalami luka ringan. Beberapa Contoh kasus terjadi ketika seorang anak memasukkan tangannya melalui kusen pintu setelah menekan tombol tutup pintu.

Caption

Meskipun cedera masih sebatas memar, bengkak dan goresan, namun dalam kondisi terburuk, cederanya mengakibatkan jempol dan lengan patah.

Selama penyelidikan, Kia dan perusahaan biomekanik pihak ketiga tidak menemukan bukti bahwa pintu tersebut tidak sesuai spesifikasi. Kedua belah pihak juga menetapkan bahwa sistem pintu penutup otomatis dan fungsi pembalikan otomatis Kia Carnival sebanding dengan para pesaingnya.

Baca Juga: Kia EV9 GT-Line Siap Meluncur 2025 Mendatang, Hadir Dengan Performa Lebih Tinggi

Mengingat keluhan dan cedera tersebut, Kia tetap akan melakukan penarikan produk. Dan akan mengganti perangkat lunak baru dan menambahkan lonceng peringatan saat pintu dibuka atau ditutup, dan memperlambat saat pintu mendekati titik pengunci.

Kia berencana untuk mulai memberi tahu pemilik tentang penarikan tersebut pada 28 April mendatang, dan perbaikan akan dilakukan oleh diler tanpa biaya alias gratis.