POPULAR STORIES

Pirelli Keluarkan Ban Untuk Formula 1 Tahun 2017

Pirelli Keluarkan Ban Untuk Formula 1 Tahun 2017 Pirelli keluarkan spek ban untuk Formula 1 tahun 2017 (Foto: Motorsport)

Pemasok ban resmi untuk Kejuaraan Dunia Balap Formula Satu (F1), Pirelli, telah mengeluarkan dan mengumumkan pemilihan kompon ban untuk dua balapan pertama musim 2017. Hal itu diumumkan pada Kamis (22/12/2016) waktu Italia.

Dilansir dari Motorsport, sesuai dengan ketentuan yang mengharuskan Pirelli untuk menentukan tipe kompon ban 15 pekan sebelum balapan dimulai. Perusahaan ban Italia tersebut, telah merilis opsi ban untuk GP Australia (24-26 Maret) dan China (7-9 April).

Pirelli akan membawa kompon ultrasoft, supersoft, dan soft untuk balapan pembuka musim 2017 di Melbourne. Kompon supersoft atau soft, berpeluang menjadi kompon yang wajib digunakan saat balapan. Sementara kompon ultrasoft menjadi kompon yang akan digunakan untuk babak Q3.

Untuk GP China, kompon supersoft, soft, dan medium, akan menjadi kompon ban yang dapat dipilih oleh tim-tim Formula 1 nanti. Kompon soft atau supersoft, berpeluang menjadi kompon yang wajib digunakan saat balapan.
Sementara kompon supersoft menjadi kompon yang akan digunakan untuk babak Q3.

Sebelumnya, FIA World Motor Sport Council (WMSC), juga telah mengumumkan bahwa di lima balapan pertama, semua pembalap diwajibkan memakai kompon yang sama. Dengan demikian, keputusan pemilihan kompon ban akan berada di tangan Pirelli.

Adapun hal yang perlu diketahui pula bahwa, ban Pirelli mengeluarkan spek untuk tahun 2017, akan berukuran 25mm lebih lebar ketimbang dengan ban spesifikasi tahun ini.

baca juga: