POPULAR STORIES

Pirelli Siapkan Ban Kompon Khusus Untuk WSBK Mandalika 2023

Pirelli Siapkan Ban Kompon Khusus Untuk WSBK Mandalika 2023 Foto : Pirelli & WSBK

KabarOto.com – Pemasok ban utama World Superbike (WSBK), Pirelli akan membawa ban SCQ dengan kompon extra soft di WSBK Mandalika 2023 di akhir pekan ini.

Menjelang putaran di Indonesia, Pirelli telah menyiapkan alokasi ban dengan kombinasi kompon keras (hard) untuk depan dan kompon lebih lunak (extra soft).

Baca Juga : 104 Ton Logistik WBSK Mandalika 2023 Sudah Tiba Di Lombok

Data performa ban Pirelli di Sirkuit Mandalika

Berdasarkan data yang dikumpulkan pada bulan November lalu, Pirelli dapat memastikan bahwa aspal baru tidak terlalu abrasif tetapi dapat mencapai suhu yang cukup tinggi. Oleh karena itu, membawa ban kompon lunak untuk belakang merupakan pilihan ideal karena memiliki cengkeraman lebih baik.

“Tahun lalu, Sirkuit Mandalika telah di aspal ulang dan tanpa mengetahui karakteristik aspal baru. Kami memutuskan untuk membawa ban belakang yang lebih sedikit yaitu SCX B0800, SC0 dan SC1. Kami melihat bahwa SC1 tidak pernah dipilih karena dengan suhu aspal tinggi ia tidak memiliki cengkeraman layaknya SC0,” ungkap Giorgio Barbier selaku Motorcycle Racing Director Pirelli.

Baca Juga : Ini Jadwal WSBK Mandalika 2023

Di musim 2023 ini, solusi standar baru ban depan dikonfirmasi yaitu ban SC1 medium dan SC2 hard. Adapun terdapat tiga opsi ban belakang, dua di antaranya selalu dapat digunakan dan satu hanya untuk Kualifikasi dan Superpole Race. Yang tersedia sepanjang akhir pekan adalah SCX-A extra soft. Selain itu, terdapat pilihan SCQ extra soft yang bisa dipilih oleh para pembalap.

Pirelli SCX-A extra soft khusus untuk Kualifikasi dan Superpole Race