POPULAR STORIES

Polisi Bakal Terapkan Tilang ETLE Di Jalur Busway

Polisi Bakal Terapkan Tilang ETLE di Jalur Busway Ilustrasi bus Transjakarta (Wego)

KabarOto.com - Pengendara yang sering melintasi jalur protokol Jakarta, rasanya harus lebih taat peraturan nih. Pasalnya, Polda Metro Jaya dan PT Transportasi Jakarta menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/E-TLE) di busway.

Rencananya, tilang elektronik di busway ini ditargetkan mulai diterapkan pada Oktober 2019. "Paling lambat tahun ini. Tapi kami minta tadi Oktober paling lambat," kata Dirut PT Transportasi Jakarta, Agung Wicaksono, dalam keterangannya.

Baca Juga: Ingin Punya Kendaraan Listrik? Ini Besaran Daya Yang Dibutuhkan Di Rumah

Agung menargetkan tilang elektronik dapat diterapkan di seluruh koridor busway, terutama koridor yang bersinggungan dengan kendaraan lainnya. "Yang jelas dari segi cakupan, kami menargetkan seluruh koridor," jelas Agung.

Kamera CCTV ETLE (Antara)

Saat ini koridor bus Transjakarta terdapat 13 titik, "Tapi yang utama memang 12 itu karena jalurnya belum lewat atas. Kalau yang satunya itu seudah lewat atas," jelas Agung.

Ditegaskan, tilang elektronik di busway ini nantinya berlaku untuk semua jenis kendaraan, termasuk motor. Agung berharap dengan adanya tilang elektronik di busway ini dapat meningkatkan headway bus Transjakarta.

Supaya jalur Busway menjadi steril

"Dengan sterilnya busway dapat kembali seperti mandat awalnya, jalur khusus yang steril 100% untuk keamanan dan kenyamanan warga DKI Jakarta menggunakan Transportasi publik," kata Agung.

Baca Juga: Fitur Baru Gobis, Tinggal Scan Barcode Suroboyo Bus Siap Menjemput

Bila sudah steril, diharapkan masyarakat akan beralih ke transportasi umum. Karena dengan kepastian headway, masyarakat tidak perlu resah lagi menanti kedatangan bus Transjakarta.

"Kunci untuk masyarakat mau naik public transport adalah jalur yang lancar dan steril sehingga laju kecepatan kendaraan dapat diprediksi dan jam berapa bus akan datang sampai tujuan," tutupnya.