Polisi Mulai Uji Coba CCTV Tilang ETLE Di 4 Ruas Tol Dalam Kota

Polisi Mulai Uji Coba CCTV Tilang ETLE di 4 Ruas Tol Dalam Kota Ilustrasi CCTV tilang ETLE (KO/Edo)

KabarOto.com - PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol di Tanah Air, turut mendukung penuh penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di wilayah jalan tol yang berada dalam pengawasannya.

ETLE sendiri merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas, berbasis teknologi informasi yang diinisiasi oleh Polda Metro Jaya, dengan menggunakan perangkat elektronik berupa kamera yang dapat mendeteksi pelanggaran lalu lintas.

Baca Juga: Hati-hati! Ngebut Di Tol Wilayah Jabodetabek Bakal Kena Tilang ETLE

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyebut, telah ada empat kamera closed circuit television (CCTV) untuk mendukung penerapan tilang ETLE yang terpasang di beberapa ruas jalan tol.

Akan dipasang rambu

Adapun kamera-kamera tersebut, dipasang di empat titik yang berbeda. "Ada uji coba 4 kamera dari Jasa Marga, itu ada di Jalan Tol Prof Sedyatmo, Tanjung Duren, JORR, terakhir Cikampek," ujar Kombes Yusri dalam keterangannya akhir pekan lalu (11/01).

Sebelumnya, dua kamera telah dipasang di jalur Trans Jakarta. Adapun dua kamera tersebut di pasang di dua titik berbeda di kawasan Jakarta Selatan.

Bakal dipasang di lebih banyak titik

Lebih lanjut Yusri mengatakan, pihaknya masih melakukan ujicoba kamera ETLE, baik yang terpasang di ruas jalan tol, maupun di jalur Trans Jakarta.

Baca Juga: Canggih! Ini Jadinya Bila Produsen Elektronik Sony Membuat Mobil

"Dua kamera yang diuji coba dari Trans Jakarta, pertama Duren Tiga, kedua di Halte Imigrasi. Ini masih uji coba," kata Yusri.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya akan menambah 48 kamera ETLE pada tahun ini. Kamera tersebut nantinya akan dipasang di seluruh wilayah DKI Jakarta.