Porsche 718 Cayman GT4 Clubsport, Mobil Balap Bodi Serat Alami

Porsche 718 Cayman GT4 Clubsport, Mobil Balap Bodi Serat Alami Foto: Porsche

KabarOto.com – Porsche mengeluarkan model baru 718 Cayman GT4 Clubsport, setelah 3 tahun sejak generasi pertamanya. Untuk pertama kalinya, mobil balap mid-engine ini hadir dalam dalam dua varian, yakni versi Trackday untuk pembalap amatir dan varian Competition untuk pembalap profesional.

Menariknya, fokus pengembangan model baru ini tidak hanya pada peningkatan kemampuan berkendara dan waktu putaran lebih cepat, tetapi juga penggunaan bahan baku konstruksi yang berkelanjutan.

718 Cayman GT4 merupakan mobil balap produksi pertama yang menggunakan bahan natural-fibre composite atau serat alami di beberapa bagian bodi. Seperti pintu pengemudi, co-driver dan sayap belakang terbuat dari campuran serat organik, yang berasal dari serat rami yang memiliki karakteristik mirip dengan serat karbon.

Masuk ke bagian dalam, terdapat jok balap Recaro yang dapat disetel ke depan atau belakang. Plus dilengkapi bantalan yang dapat disesuaikan, agar sesuai dengan bentuk tubuh pengemudi. Untuk melindungi pengemudi, terdapat roll cage di seluruh interior, dengan atap yang dapat dilepas dan harness safety racing 6 titik.

Baca juga: Gallery Foto Porsche Macan S 2019

Sebagai mobil balap yang kencang, Porsche harus membekali dapur pacu yang bertenaga. Menggunakan mesin baru 6 silinder mid-positioned boxer engine dengan mounting rigid. Mesin ini berkapasitas 3.800 cc, sanggup menghasilkan tenaga 425 dk dan torsi maksimal 425 Nm di 6.600 rpm.

Dibandingkan model pendahulunya, tenaga mesin meningkat hingga 40 dk. Tenaga itu ditransfer ke roda belakang melalui girboks dual-clutch Porsche 6 percepatan, dengan limited slip differential belakang mekanis.

Terlahir kencang, tentu butuh sistem rem mumpuni. Cakram 718 Cayman GT4 Clubsport berdiameter 380 mm, menggunakan kaliper rem alumunium 6 piston dengan pegas piston anti-knock-back di bagian depan dan kaliper rem alumunium 4 piston, dengan pegas piston anti-knock-back untuk rem di bagian belakang.

Baca juga: Terungkap, Teknologi Mesin All New Honda Accord Selalu Bertenaga

Nah, hadir dengan 2 versi, Trackday dan Competition. Namun keduanya dilengkapi persyaratan keselamatan FIA. Versi trackday menggunakan sistem ABS, ESC dan traction control yang bisa dinonaktifkan. Ini memastikan pengendalian yang mudah, serta dilengkapi pemadam api genggam.

Sedangkan versi Competition dilengkapi fitur keselamatan berupa sistem pemadam api otomatis, sesuai standar peraturan FIA. Serta fitur pendukung di lintasan, seperti suspensi yang dapat disesuaikan dalam 3 tahap, tangki bahan bakar berkapasitas 115 liter dan roda kemudi yang dapat dilepas, diadopsi dari model 911 GT3 R.

Baca juga: Galery Porsche 993 RWB 007

Sayangnya versi Competition hanya tersedia di pasar Inggris, harganya dibanderol sekitar Rp 2,26 miliar.

"Porsche 718 Cayman GT4 Clubsport yang baru memiliki gen balap yang jauh lebih banyak daripada pendahulunya yang sukses," kata Kepala Motorsport Porsche, Fritz Enzinger.

"Kekuatan mesin meningkat secara signifikan. Pada saat yang sama, kami dapat meningkatkan downforce dan kokpit yang lebih cocok dengan kebutuhan pengemudi," tambahnya. (Nora Dian Pratama)

Baca juga: Test Drive Jaguar F-Pace 3.0 R-Sport, Tawarkan Kepraktisan Tinggi Dan Rasa Berkendara Sport