POPULAR STORIES

Modifikasi Mesin, Porsche 911 Turbo Jadi Lebih Buas

Modifikasi Mesin, Porsche 911 Turbo jadi Lebih Buas Sumber : Super Street

KabarOto.com – Sebuah sportcar memang identik dengan tenaga besar dan performa kencang. Tak sebarangan orang mampu mengendalikan tenaganya yang besar, perlu keahlian dan jam terbang tinggi untuk menjinakkan performa buas dari mesin.

Seperti dilakukan oleh Jag Motto dengan mobil Porsche 911 lansiran 2001. Walau terlihat sederhana dari luar, namun nyatanya ada ratusan bahkan ribuan tenaga kuda dibalik kap mesinnya.

Mulai dari eksteriornya terlebih dahulu, Jag menggunakan body kit lansiran TechArt dengan bagian spoiler, intake dan lips-nya berbahan karbon. Lalu untuk kap depan memakai lansiran Gemballa, untuk menambah kesan sporty digunakan kap belakang milik GTR750.

Baca Juga : Jarang Populasinya, Modifikasi Proper Audi TT Asal Kota Kembang

Pelek BBS E88 dengan finishing face emas berpadu lips polished menjadi pilihan. Spesifikasi ukurannya 19 inci, lebar 8,5 depan dan 12 belakang. Berbalut ban performa tinggi Michelin Pilot Sport 245/35 R19 depan dan 315/25 R19 belakang.

Peranti suspensi dipilih coilover JRZ dengan sway bar H&R, selain bisa diatur tingkat kekerasan dan ketinggiannya kelebihan lain memberikan kestabilan lebih ketika bermanuver. Sistem remnya didukung oleh big brake kit Brembo 6 pot untuk menjinakkan larinya.

Mesin asli berkapasitas 3.800 cc sudah mendapatkan modifikasi habis-habisan. Komponennya sudah di-upgrade sedemikian rupa seperti piston dan stang piston forged, poros engkol ringan, dan per klep. Semua sudah menggunakan bahan forged yang materialnya lebih padat. Lalu camshafts, gasket, exhaust manifold, coil, pulley, selang turbo, dan fuel system menggunakan merek EVOMS.

Unit turbo menggunakan Garrett GT35R dengan intercooler berdiameter 6 inci. Lalu wastegate dan blow off valve menggunakan TiAL, sementara intake dan throttle body-nya dicangkok dari GT2 RS. Bagian knalpotnya menggunakan sistem catless dengan pipa 3 inci dari GT2 RS juga. Semua kombinasi upgrade ini disempurnakan oleh pengaturan ECU EVOMS.

Baca Juga : Modifikasi Ratusan Juta Honda NSX Berlapis Karbon Dari AIMGAIN

Hasilnya? Apabila menggunakan bahan bakar balap C16 dengan boost 2 bar maka tenaganya menjadi 1.350 dk. Sementara kalau bahan bakar biasa dengan boost 1.4 bar maka tenaganya sekitar 900 dk.

Banyak ornamen karbon tersemat di kabin, dengan jok balap karbon dari GT3. Sabuk pengamannya juga menggunakan Schroth Profi II harness 6 titik. Lalu TechArt steering wheels, dan shift knob. Fitur tambahan ada pada AEM gauges dan 2 buah subwoofer 10 inci. Bagian kabin belakang tanpa kursi demi membagi tempat rollcage bertengger.