Prodrive Hunter Bisa Dipesan, Harganya Rp23,4 Miliar

Prodrive Hunter Bisa Dipesan, Harganya Rp23,4 Miliar

Kabaroto.com - Prodrive Hunter sepertinya sudah bisa dimiliki oleh para 'sultan' yang menginginkan mobil offroad berperforma tinggi. Memang bukan Sport Utility Vehicle (SUV) biasa, namun offroad sejati, karena sudah teruji di komeptisi ekstrem Dakar selama dua musim di bawah bendera Bahrain Raid Xtreme.

Bahkan Prodrive Hunter untuk pesanan konsumen ini diklaim performa mesin V6 berkapasitas 3.500 cc didukung turbo ganda lebih besar 50% berbanding besutan Sebastien Loeb. Selain itu jarak main suspensi juga lebih tinggi, sehingga bisa menjelajah medan lebih ekstrem.

Baca juga: Ini Senjata Prodrive Hunter T1+ untuk Hadapi Reli Dakar Musim Depan

Yup, kemampuannya memang lebih tinggi dari mobil balapnya sendiri, tak terkekang oleh batasan regulas Dakar. Tenaganya menyajikan 608 dk dan torsinya 700 Nm. Bahkan, melaju lebih tinggi dari batasan Dakar 180 kpj. Melesat 0-100 kpj tak sampai 4 detik dan kecepatan tertingginya 300 kpj. Namun Prodrive menjanjikan bawaan Hunter ini akan lembut dan santun.

Agar mudah dikendarai, transmisi tak seperti yang digunakan saat ikut kompetisi Dakar, yakni manual sequential. Dibuat ergonomis melalui pengoperasian paddle shift enam percepatan.



Ian Callum sebagai perancang Prodrive Hunter menata interior lebih santun dan mewah. Sehingga memberikan kenyamanan selama berkendara. Ada layar digital di dasbor untuk memberikan informasi sesuai kebutuhan. Konsol tengah ada tombol operasional untuk kenyamanan selama berkendara.

"Ada banyak hypercar di tawarkan, kebanyakan hanya punya kelebihan di aspal atau di lintasan balap untuk memamerkan performanya," ujar Presiden Direktur Prodrive David Richards.



Dirinya pun mencoba menawarkan hal berbeda kepada konsumen. "Kami mengidentifikasi bahwa di beberapa bagian dunia, khususnya Timur Tengah, masih ada bentangan luas yang masih harus dijelajahi yang melampaui akses yang disediakan oleh jalan aspal. Oleh karena itu mengapa tidak membuat kendaraan yang memberikan kesempatan untuk menjelajahi daerah-daerah ini dengan performa yang jauh melebihi yang ditawarkan oleh kendaraan off-road sebelumnya,” beber Richard.

Melanjutkan kemampuan Hunter, ban offroad ukuran 35 inci yang dipakaikan memang didesain untuk mengoptimalkan cakaran ke permukaan tanah atau pasir. Karena ditargetkan bahwa mobil offroad ini seidentik mungkin kemampuannya seperti yang digunakan di Dakar.

Jarak main suspensi double wishbone mencapai 400 mm, untuk mobil kompetisi hanya 350 mm. Hal ini guna mendapat redaman lebih lembut saat menerabas gundukan pasir saat kecepatan tinggi. Sementara kaliper enam piston menjaga Hunter bisa berhenti lebih baik.

Baca juga: Kerajaan Bahrain Rekrut Prodrive Racik Mobil Dakar BRX T1

Pemilik bisa langsung merasakan seperti apa pengalaman Loeb ketika ikut Dakar membelah gurun pasir. Tapi dengan tambahan kenyamanan dan kemewahan di kabin. Bahkan bisa langsung dibawa pulang usai bermain offroad.

Sebagai informasi, bodi ringan Hunter terbuat dari karbon komposit berbobot ringan. Bahkan mengklaim gunakan material daur ulang yang diproduksi khusus oleh Prodrive Composites. Tangki bahan bakar mencapai 480 liter yang sudah dibungkus oleh sel pengaman.

Peminat yang ingin menebus unit Prodrive Hunter, siapkan saja £1,25 juta atau setara Rp 23,4 miliar.