Produk Hino Bermesin Euro 4 Dijual Mulai Bulan April, Bagaimana Nasib Mesin Euro 2?

Produk Hino Bermesin Euro 4 Dijual Mulai Bulan April, Bagaimana Nasib Mesin Euro 2? Hino Dutro bermesin Euro 4 (Foto: Sigit/KabarOto.com)

KabarOto.com – PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) telah resmi meluncurkan mesin berteknologi Euro 4 pada hari Rabu kemarin (09/03). Jantung pacu ini akan mulai diproduksi dan dipasarkan mulai bulan April mendatang.

Dengan adanya mesin Euro 4, seluruh produk Hino yang masih menggunakan mesin Euro 2 tidak lagi diproduksi dan dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: HMSI Investasikan Rp7 Miliar Untuk Fasilitas Hino Total Support Customer Center

Menurut COO – Direktur HMSI, Santiko Wardoyo mengatakan bahwa sesuai dengan peraturan Pemeritah Indonesia, seluruh produk bermesin Euro 2 tidak boleh diproduksi dan dipasarkan lagi mulai April mendatang.

“Jujur saja permintaan terhadap produk bermesin Euro 2 masih cukup banyak. Tapi pemerintah sudah memutuskan untuk menerapkan standar Euro 4 di Indonesia mulai bulan April,” jelas Santiko.

Baca juga: Tekan Resiko Kecelakaan Jalan Raya, Hino Resmikan Fasilitas HTSCC Di Purwakarta

Sebenarnya, peraturan Euro 4 rencananya dijalankan pada April 2021. Tapi, mundur karena adanya pandemi Covid-19, hingga April 2022. Terkait harga, Santiko menjelaskan produk Hino bermesin Euro 4 memiliki harga yang lebih mahal sekitar Rp 30 juta hingga Rp 50 juta, tergantung dengan jenis produknya.

“Untuk teknologi mesin Euro 4 yang digunakan oleh Hino, mengacu pada standar yang ada di Indonesia," pungkas Santiko.

Sebagai informasi, line up produk yang sudah dibekali mesin Euro 4 adalah light-duty truck Hino Dutro, medium-duty truck Hino Ranger, heavy-duty truck Hino Profia dan Hino Bus.