POPULAR STORIES

Profil - All New Kia Rio

Profil - All New Kia Rio All New Kia Rio (Foto: Wandha/KO)

KabarOto.com - Awal tahun 2020, Kia salah satu pabrikan otomotif Korea Selatan akhirnya bangkit kembali dengan meluncurkan SUV pertamanya di Indonesia All New Kia Seltos. Kia sebenarnya sudah memiliki lini kendaraan penumpang, salah satunya hatchback All New Kia Rio.

All New Kia Rio memiliki bodi kecil nan imut, cocok untuk melintasi jalanan ibu kota yang padat. Memiliki panjang 4.065 mm, lebar 1.725 mm, dan tinggi 1.460 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 2.580 mm. Mobil kecil ini juga mumpuni untuk diajak bermanuver berkat radius putar 5,1 m yang dimilikinya.

Baca Juga: Intip Nih! 8 Keunggulan Kia Seltos Yang Bisa Jadi Pilihan Kaum Milenial

Tampak depan All New Kia Rio (Foto: Wandha/KO)

Mobil hatchback ini menggendong mesin Kappa berkapasitas 1.400 cc Dual Continously Variable Valve Timing (DCVVT). Mesin ini mampu menyemburkan tenaga melalui transmisi otomatis sebesar 100 dk di 6.000 rpm dan torsi sebesar 133,3 Nm di 4.000 rpm.

Kia tetap memperhatikan rupa All New Kia Rio dengan desain gril yang tak biasa. Gril bagian atas seolah menjembatani lampu dengan list krom di bagian atas dan bawahnya. Namun, All New Kia Rio juga memiliki gril berukuran lebar dibagian bawahnya.

Lampu dengan ukuran cukup lebar sudah mengadopsi teknologi LED proyektor dengan bi function, auto light, delay fuction dan static bending. Agar tetap aman sepanjang hari, DRL juga sudah disertai.

Sama seperti lampu utamanya, Kia mengaplikasikan LED proyektor untuk fog lamp-nya. Sehingga, penerangan yang dihasilkan dari head lamp dan fog lamp tidak membuat silau. Desain lampu bagian belakang cukup unik, dengan 3 garis tegas memancarkan cahaya dari lampu LED yang digunakan.

Baca Juga: Profil - Suzuki Baleno Hatchback

Kerennya, wipernya sudah otomatis dengan sensor hujan. Sehingga, penumpang tak lagi perlu mengaktifkan saklarnya karena wiper All New Kia Rio secara otomatis akan menyapu air hujan yang turun.

Berbicara soal kaki-kaki, All New Kia Rio menggunakan pelek 17 inci dibalut ban berukuran 205/45. Kenyamanannya dikombinasikan dengan suspensi depan MacPherson strut dan coupled torsion beam axle untuk bagian belakangnya. Sementara remnya menggunakan ventilated disc with ABS di bagian depan dan bagian belakangnya disc.

Menggunakan smart key dan immobilizer Sobat KabarOto dapat melihat lebih detail bagian kabinnya. Sobat KabarOto akan disambut dengan nuansa hitam, ketika menyentuh setir maka akan terasa balutan kulit yang melapisinya dengan desain 3 spoke yang sudah disertai tilt dan teleskopik, serta tombol kontrol.

Bagian tengah dasbor diisi dengan headunit LCD berukura 7 inci yang bisa terintegrasi dengan Apple Car Play dan Android Auto, selain itu bisa terkoneksi dengan bluetooth voice, USB, dan aux.

Sebagai perlengkapan standarnya, hatchback ini sudah dilengkapi dengan sunroof. Tirai dapat dibuka secara manual dan pengoperasian menggunakan tombol elektrik.

Terkait keamanan berkendara, hatchback 5-penumpang ini juga sudah dibekali dual airbag dan safety belt untuk setiap joknya yang dilapisi bahan fabric. Perihal parkir, bumper belakang juga aman karena sudah ada parking assist with dynamic parking guideline.

All New Kia Rio tersedia dalam 6 pilihan warna yaitu Aurora Black Pearl, Deep Sienna Brown, Signal Red, Platinum Graphite, Clear White, dan Most Yellow.

Baca Juga: Kia Di Bawah Bendera Baru, Apa Kabar Konsumen Kia Lama?