Profil All New Toyota BZ4X

Profil All New Toyota bZ4X All New Toyota bZ4X (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - All New Toyota bZ4X menjadi mobil listrik berbasis baterai (BEV) pertama yang dipasarkan di Indonesia. Produk ini merupakan bentuk dukungan pabrikan kepada program pemerintah untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan, "All New bZ4X menjadi pionir Battery EV Toyota sekaligus melengkapi line up kendaraan elektrifikasi di Indonesia yang terdiri dari teknologi Hybrid EV, Plug-In Hybrid EV, dan Battery EV."

Tampilang samping

All New bZ4X dibangun dari basis Platform e-TNGA yang merupakan refinement dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, dioptimalkan, dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle.

Baca juga: PT TAM Beri Garansi 8 Tahun Untuk Baterai Toyota BZ4X

Sesuai dengan bahasa desain mobil listrik, bZ4X pun turut menganut desain mobil yang modern. Seperti di bagian depannya, terdapat hammerhead design yang menjadi bahasa desain Toyota di bZ4X. Selain itu, lampu utamanya minimalis dengan bohlam LED.

Ke bagian samping, bZ4X hadir dengan ciri khas-nya, yakni overfender warna hitam dof. Selain itu, tempat pengisian daya terdapat di bagian kiri depan.

Bagian belakang terdapat lampu LED

Bagian belakangnya pun bZ4X cukup terkesan modern dengan lampu LED yang menyambung dari bagian kiri ke bagian kanan dan juga kaca belakang yang melandai.

Baca Juga : All New Toyota BZ4X Bisa Disewa Menggunakan Kinto, Segini Biayanya

Salah satu kelebihannya adalah unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan-belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.

Lithium-ion Battery di bZ4X mempunyai kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Dilengkapi charging portable

Lithium-ion Battery yang digunakan Toyota bZ4X diklaim dapat diisi ulang dari 0 hingga 80% dalam waktu 9-10 jam dengan metode normal charging atau menggunakan daya listrik rumah.

Namun jika dicas menggunakan fast charging, untuk mengisi dari 0 ke 80% kapasitas, hanya butuh 30 menit.

Toyota mengatakan setiap pembelian mobil listrik ini akan dilengkapi dengan charger portable yang fleksibel, serta charger rumahan berdaya tinggi yang dapat mengecas mobil lebih cepat dari charger portable.

Agar konsumen tenang dan nyaman, Toyota juga memberikan garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km.

Dasbor mengusung desain modern

Baca juga: Sampai Akhir 2022, TAM Dapat Jatah 40 Unit All New Toyota BZ4X

Interior Toyota bZ4X menggambarkan sebuah kenyamanan dan kelapangan yang memberikan suasana kabin ala living room. Dipadukan dengan layar sentuh 12,3 inch terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone.

Pertama pada mobil listrik di Indonesia, terdapat pula fitur Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi.

Motor listrik 214 dk dan torsi 266 Nm

Toyota juga membekali bZ4X dengan fitur ADAS (Advance Driver Assistance System) generasi terbaru, disebut dengan TSS (Toyota Safety Sense) 3.0.

Fitur-fitur seperti Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Lane Departure Alert with Steering Assist, Automatic High Beams, Lane Tracing Assist, Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control, dan Road Sign Assist.