POPULAR STORIES

Profil Bus Listrik KG Mobility Garapan Karoseri Adiputro

Profil Bus Listrik KG Mobility Garapan Karoseri Adiputro Karoseri Adiputro memperkenalkan bus listrik KG Mobility (KGM) (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Karoseri Adiputro memperkenalkan bus listrik KG Mobility (KGM) di Gaikindo Indonesia Internatioanl Auto Show (GIIAS) 2023. Di mana, bus listrik ini menggunakan model bodi bus Jetbus 5.

Hadirnya bus listrik KG Mobility merupakan komitmen Indika Energy Group untuk mendukung percepatan kendaraan listrik di Indonesia. Di mana, angkutan umum berbasis bus banyak digunakan oleh masyarakat perkotaan.

Bus listrik ini menggunakan model bodi bus Jetbus 5

Bus listrik KG Mobility menggunakan sasis monocoque dengan desain kompak. Dimensinya sendiri memiliki panjang 12.000 mm, lebar 2.500 mm dan tinggi 3.500 mm.

Baca Juga: Hino Jadi APM Pertama Yang Hadirkan Bus 4x4 Di Indonesia

Soal performa, bus listrik ini menggunakan motor penggerak 320.000 watt dengan jarak tempuh mencapai 350 kilometer. Untuk pengecasannya sudah menggunakan teknologi ultra-fast charging dengan daya cepat hingga 400.000 watt.

Area pengemudi dipisahkan dari akses masuk penumpang

Bagian eksterior, bus menggunakan panel bodi galvanized steel, dengan kaca depan menggunakan laminated glass dan jendela samping menggunakan tempered fixed glass. Untuk keamanan penumpang, bus ini juga sudah memiliki CCTV.

Baca Juga: Indika Energy Rilis Bus Listrik Invi Di GIIAS 2023

Pintu penumpang model sliding dengan dua buah terbuka ke kiri dan kanan. Bus listrik ini mampu menampung 30 penumpang yang menghadap ke depan dan menyamping berhadapan. Dari segi infotainment, terdapat LED Ultrawide 26 inci dan 29 inci, dengan tambahan DVD Player double dyne speaker on ducting.

Bus listrik ini mampu menampung 30 penumpang

Selanjutnya, bus listrik KG Mobility dilengkapi dengan sistem darurat di seluruh pintu, pintu darurat sunroof, palu pemecah kaca, dan alat pemadam api ringan (APAR), yang menjadi standar keamanan dalam regulasi.