Profil Chery Omoda 5

Profil Chery Omoda 5 Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Chery kembali bersaing di pasar Tanah Air, pabrikan asal Tiongkok itu masuk dengan memboyong tiga model SUV yakni Tiggo 4 Pro, Tiggo 7 Pro, dan Tiggo 8 Pro. Namun selain itu, di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, kita juga bisa melihat tiga mobil lain yang kemungkinan dibawa Chery ke Indonesia, salah satunya Chery Omoda 5.

Omoda punya dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.586 mm. menawarkan desain SUV yang sangat futuristik, mulai dari bagian depan desain grillnya menyatu dengan bumper, terdapat kisi-kisi dengan ornamen krom di dalamnya, dan kamera depan di bawah emblem depan.

Lalu bagian lampu sudah menggunakan teknologi LED DRL yang menyala cantik, serta lampu utamanya pun telah mengusung projektor supaya cahaya lebih fokus, dan menyatu dengan lampu sein depan.

Baca Juga : Profil Chery EQ1, Si Mobil Listrik Imut

Bergeser ke samping Omoda tetap mendapat gaya crossover dari bagian fender plastik hitamnya. Lalu jika diperhatikan mobil ini mendapat finishing dual tone yang unik, karena warnanya biru gradasi di bagian atap hingga pilar. Aksen ini turut menghiasi beberapa bagian lain seperti spion dan peleknya.

Untuk bagian peleknya menggunakan ukuran 18 inci, dengan model kipas palang lima dengan finishing hitam glossy dan sedikit detail senada dual tonenya. Dibalut ban kenyamanan Continental Ultra Contact UC6 ukuran 215/55 R18.

Baca Juga : All New Honda HR-V Raih Penghargaan Desain Terbaik

Bagian belakangnya juga cukup sporty banyak sudur tajam, seperti di spoiler dan juga stoplamp-nya mengingatkan kita dengan desain Lexus IS, teknologinya pun sudah pakai LED Bar. Bumper belakang punya aksen krom sebagai output quad knalpotnya, serta tambahan underguard sebagai pemanis.

Ditenagai mesin TGDI berkapasitas 1.600 cc 4 silinder bensin, mampu menghasilkan tenaga puncak 197 dk dan torsi 290 Nm. Tenaga itu disambung ke transmisi otomatis tujuh percepatan.

Mengintip bagian dalam, memang kita tidak bisa melihat secara detail. Namun bisa kita kalau nuansa kabin tidak kalah futuristik. Perpaduannya unik sebab bahan pelapis joknya berbeda, bahan kulit berwarna putih membalut jok bagian penumpang depan dan belakang, serta doortrim hingga dasbor, serta jahitan dan aksen kuning neon.

Sementara bahan suede warna biru muda hanya membalut jok pengemudi. Lingkar kemudinya berbalut bahan suede biru model flat bottom, bisa untuk mengatur audio steering dan cruise control. Oh ya, beberapa bagian juga berwarna hitam seperti di pilar dan plafonnya, serta ada fitur sunroof yang ukurannya cukup besar.

Di balik kemudi ada dua layar besar ukuran 12,3 inci yang berfungsi sebagai layar infotainment dan speedometer. Lalu terdapat tuas pengotrol transmisi di tengah, dan tuas putar seperti idrive di BMW, serta tombol rem parkir, hazard dan sebagainya.

Fitur keselamatannya pun cukup lengkap, dengan sistem rem EBD, adaptif cruise control, lane departure warning, blind spot monitoring, peringatan tabrakan depan, dan kamera 360 derajat, serta beberapa fitur tambahan lainnya.