POPULAR STORIES

Profil Genesis Electrified G80

Profil Genesis Electrified G80 Foto : Genesis

KabarOto.com – Pada saat pameran bertema ‘The Future EV Ecosystem for Indonesia’, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa mobil listrik Genesis Electrified G80 akan digunakan sebagai mobil VIP petinggi negara yang mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada tahun 2022.

Sebagai informasi, Genesis sendiri merupakan merek premium dari Hyundai. Seperti halnya, Toyota dengan Lexus. Sedangkan, Genesis Electrified G80 sendiri merupakan sedan listrik yang menggunakan basis dari sedan premium Genesis G80.

Dari segi tampilan, Genesis Electrified G80 memiliki desain yang secara garis besar sama seperti produk yang menjadi basisnya. Di mana, gril mengusung desain G-Matrix bermotif diamond yang menjadi ciri khas pabrikan, dengan tempat pengisian daya listrik yang tersembunyi.

Baca juga: Bedah Desain Eksterior Dan Interior Genesis GV60

Secara dimensi, sedan listrik premium ini memiliki ukuran Panjang 5.005 meter, lebar 1.925 meter, dan tinggi 1.475 meter. Dengan dimensi tersebut, mobil ini masuk kategori luxury sedan. Bagian samping terdapat aksen krom yang mempermanis tampilan, serta penggunaan pelek berukuran 19 inci model turbin.

Beralih ke belakang, terlihat kombinasi lampu yang menawan berteknologi LED. Menariknya, tidak ada lagi lubang knalpot dan desain bumper diklaim mampu membantu aerodinamis mobil.

Masuk ke dalam kabin, Genesis Electrified G80 memiliki interior yang mewah namun menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Contohnya, bagian wood panel menggunakan bahan recycled wood dan nappa leather seat menggunakan bahan natural dyes.

Baca juga: Resmi Ditunjuk Sebagai Mobil VIP KTT Bali, Genesis G80 Bakal Dipakai Pejabat RI?

Untuk melengkapi kesan mewahnya, terdapat beberapa fitur canggih, diantaranya instrument cluster full LED dengan layar infotainment system touch screen berukuran 14,5 inci. Salah satu fitur unggulan di infotainment system adalah Augmented Reality Navigation.

Faktor keselamatan juga cukup mempuni. Di mana, ada fitur airbag di 10 titik, line following/keeping assist, blind spot dan forward collision avoidance assist, safe exit assist, rear guide lamps, dan forward attention warning.

Bukan hanya itu, sistem driving assist seperti intelligent lighting, highway driving assist, navigasi yang berbasis smart cruise control, juga tersedia pada mobil listrik ini.

Baca Juga : Genesis GV80 Tawarkan Kemewahan Kabin Enam Penumpang

Soal performa, Genesis Electrified G80 dibekali baterai listrik berkapasitas 87,2 kHh yang terhubung ke dua motor listrik di roda depan dan belakang. Dua motor listrik tersebut dapat menghasilkan tenaga 272 kW dan torsi 700 Nm.

Dengan kapasitas baterai yang cukup besar, Genesis Elecrified G80 diklaim mampu menjangkau jarak hingga 427 km dengan baterai penuh. Pengisian daya baterai listrik dari 10% hingga 80% membutuhkan waktu hanya 22 menit dengan rapid charging 800 V dan jika memakai 11 kW standard charger, dari 10 persen ke 100 persen butuh waktu 9 jam.

Terakhir terkait harga, Genesis Electrified G80 dibanderol 88,91 won atau setara Rp 1,083 miliar untuk tipe standar. Jika konsumen ingin menambahkan paket optional, harga sedan listrik mewah ini akan meningkat.