Profil Hyundai Creta Trend

Profil Hyundai Creta Trend Foto : Rizky

KabarOto.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperkenalkan Sport Utility Vehicle (SUV) yaitu Hyundai Creta di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

SUV ini memulai debutnya di dunia pada 2014 lalu dan generasi pertama mengalami beberapa facelift ringan. Lalu, pada 2020 lalu Creta memasuki generasi kedua berkode bodi SU2 ini kini sudah hadir di Indonesia. Pihak pabrikan, Hyundai Creta ini dirakit lokal alias statusnya CKD di pabriknya yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Baca juga: Hyundai Creta Muncul Di GIIAS Dalam 4 Varian, Harga Mulai Rp 279 Juta

Secara tampilan, SUV kompak ini sudah menggusung bahasa desain baru dengan gril besar yang disebut Parametric Jewel Grille. Gril ini juga disandingkan dengan LED drl dengan bentuk yang sama. Tidak hanya itu, bumper ini memiliki finishing dual-tone. Untuk lampu utama model vertikal dengan proyektor (tipe Trend) dengan lampu sein yang masih bohlam biasa.

Pada bagian samping, ada add-on body plastik hitam yang menyambung hingga ke belakang dan ada aksen dual-tone garis bodi di bagian jendela. Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan MacPherson Strut dan Coupled Torsion Beam Axle (CTBA) untuk belakang. Lalu, penggunaan pelek model kipas berukuran 17 inci ini dengan finishing two-tone polish. Pelek ini dibalut ban Kumho dengan profil 215/60 R17.

Pada bagian belakang, desain lampu unik yang terpisah. Untuk lampu senja LED garis yang terpotong, sementara lampu rem, sein dan mundur yang terletak di bawah ini masih bohlam halogen. Pada bagian bumper, aksen hitam plastik dengan underguard silver ini sudah dilengkapi sensor parkir tiga titik.

Masuk ke interior, desainnya terlihat simpel dan sporty dengan baluran warna hitam. Bahan dasbor masih standar hard plastik dengan aksen jahitan palsu. Pada lingkar setir model Hyundai kekinian empat palang, terdapat tombol pengaturan audio, dan info MID saja, setir ini juga dapat diatur secara tilt saja.

Baca juga: Debut HMID Di GIIAS 2021, Luncurkan Hyundai Creta Dan Bisa Foto Bareng BTS

Pada bagian instrumen kluster, masih standar dengan dua jarum besar dengan MID biasa. Tetapi, untuk tipe Trend ini memiliki opsi layar full TFT display.

Pada bagian tengah, terdapat head unit 8 inci terintegrasi tersambung ke enam speaker. Selain itu, head unit ini dapat terkoneksi smartphone melalui Bluetooth dan aplikasi Bluelink untuk mengontrol kendaraan. Di bawahnya terdapat panel AC dengan pengaturan arah semburan lengkap dan sudah auto climate. Tidak lupa, terdapat ambient light di dalam interior.

Masuk ke baris kedua, bagian door trim terdapat speaker dan arm rest berbahan kulit dengan cup holder dan pocket. Lalu, terdapat seat pocket dibalik jok pengemudi dan penumpang depan. Untuk memaksimalkan pendinginan, terdapat ventilasi AC di tengah konsol beserta soket USB charging. Pada bagian bagasi memiliki kapasitas sekitar 416 liter jika kursi dalam keadaan tegak, jika kursi dilipat memiliki kapasitas besar yaitu 1,384 liter. Tidak lupa, ban serep full size tersimpan di bawah bagasi.

Bagasi dengan kapasitas 416 liter

Secara dimensi, mobil ini memiliki (PxLxT) 4,315 mm, 1,790 mm dan 1,630 mm. Sementara untuk wheelbase sekitar 2,610 mm dengan bobot 1,165 kg (kosong).

Baca juga: Hyundai Start-up Challenge Masuki Babak Final

Bicara soal performa, Creta dibekali unit empat silinder bensin Smartstream 1.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 115 dk di 6.300 rpm dengan 143 Nm di 4.500 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan atau otomatis IVT.

Untuk varian Trend ini, mobil ini sudah dilengkapi beberapa fitur keamanan seperti ABS, Electronic Stability Control (ESC), Brake Assist System (BAS), Vehicle Stability Management (VSM), Hill-Start Assist (HAC) dan Emergency Stop Signal (ESS). Jika kurang, pihak Hyundai menyediakan opsi untuk menambah fitur layaknya varian diatasnya yaitu Style dan Prime.

Bicara soal harga, Hyundai Creta Trend dimulai dari Rp 299 juta hingga Rp 319 jutaan. Jadi bagaimana Sob, tertarik untuk membeli mobil ini?