Profil Hyundai H-1

Profil Hyundai H-1 Foto: Deni KO

KabarOto.com - Persaingan pasar MPV atau minibus semakin ketat, karena orang Indonesia yang masih mengedepankan kekeluargaan. Sehingga, mobil berkapasitas diatas 5 penumpang atau berkapasitas besar cenderung lebih laris terjual ketimbangan mobil yang berkapasitas dibawah 5 penumpang.

Melihat peluang tersebut banyak ATPM di Indonesia berlomba-lomba membuat beberapa varian MPV. Salah satunya adalah Hyundai, menghadirkan H-1 yang merupakn MPV premium andalannya.

Mobil ini sengaja dihadirkan oleh PT Hyundai Mobil Indonesia, untuk para pecinta MPV berbadan besar, generasi keduanya masuk ke Indonesia pada Maret 2008, saat itu hanya dijual dalam 2 versi Elegance (12 kursi), dan XG (9 Kursi). MPV berdimensi besar ini tidak terlalu banyak memiliki fitur, namun untuk menunjang keselamatan dan keamanan penumpangnya, sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan Airbags dibagian lingkar kemudi.

Baca juga: Untuk Saingi BYD, Hyundai Bakal Siapkan Bus Listrik

Menggendong 2 pilihan mesin yakni bensin 2.400 cc LPI, dan diesel 2.500 cc VGT CRDi. Karena mendapatkan respon yang cukup baik dari pasarnya, maka pada tahun 2010 Hyundai pun memproduksi mobil ini di Indonesia.

Untuk tahun 2018 ini, H-1 mengalami penyegaran desain. Hyundai pun mengubah tampilannya cukup dengan drastis ketimbang facelift sebelumnya yang hampir dikatakan minor, hampir semua pernak pernik dari mobil ini diberi ubahan seperti pada sektor lampu, bumper depan belakang, pelek, hingga penyegaran pada sektor interiornya.

Bagian lampu utamanya sudah mengadopsi teknologi LED yang dilengkapi projektor, serta DRL yang diletakkan dibawah foglamp menambahkan kesan mewah saat malam hari. Bumper depan H-1 dibuat lebih membulat terlihat lebih elegan, lampu belakang juga menggunakan teknologi LED yang dikombinasikan dengan lampu biasa.

Semua varian XG dan Royale mendapatkan body kit add on, sehingga terlihat lebih berkelas dan modern. Bagian pelek mobil mengadopsi desain model palang dengan kombinasi dua warna, dan dibalut ban 235/60.

Bagian interior mobil ini didominasi dengan penggunaan warna krem, yang memberikan kesan ruangan yang terang. Jok kendaraan dibungkus dengan bahan kulit sintetis berkualitas, sementara pada beberapa bagian seperti panel pintu misalnya, diberikan aksen kayu untuk memberi kesan mewah dan nyaman.

Untuk konfigurasi tempat duduknya, dengan tempat duduk 7 penumpang. Khusus tipe Royale, dilengkapi dengan kursi model captain seat dengan pengaturan menggunakan model elektrik. Sebagai pusat sarana hiburan dalam kabin, menggunakan head unit model 2 DIN yang memiliki kemampuan membaca format DVD/VCD/CD, serta koneksi USB. Selain menggendong teknologi touch screen dan web link, pada bagian tengahnya dilengkapi dengan LCD yang ditempatkan pada bagian atap baris kedua penumpang.

Baca juga: Hyundai Kona Resmi Meluncur dengan Banderol Rp363,9 Juta

Dapur pacu H-1 mengandalkan mesin diesel 2.5 CRDi VGT bertenaga 167 dk, torsi 392 Nm, untuk fitur yang terdapat dalam mobil ini tidak begitu banyak seperti ABS, 2 air bags, rem cakram depan belakang, lampu utama otomatis, spion tengah auto deaming, dan kisi AC individual disetiap barisnya, serta terdapat cooling box dibagian dasbor.

Untuk urusan aksesibilitas mobil berbadan besar yang memiliki banyak row ini, menawarkan kemudahan dalam keluar masuk dengan adanya pintu geser, serta pelipatan kursi yang tidak memerlukan tenaga yang ekstra. Untuk posisi mengemudinya mobil ini memang terasa seperti mengemudikan van, tetapi terdapat tilt dan teleskopik pada bagian setir.

Vibilitas ke depan mobil ini super luas berkat dashbor rendah dan posisi mengemudi yang tegap, mungkin mobil ini bukanlah mobil yang asik dikendarai melainkan untuk memuat banyak penumpang dan mengajak keluarga atau kerabat untuk bepergian bersama.

Bagaimana berminta untuk memilikinya? Mobil ini dibandrol Rp 604 juta untuk tipe Royale, dan tipe Elegance seharga Rp 494 juta. (Leonardus Rianto)