POPULAR STORIES

Profil Mitsubishi Fuso Fighter X FN61 FL HD 'Super Long Trip'

Profil Mitsubishi Fuso Fighter X FN61 FL HD 'Super Long Trip' Fuso Fighter X FN61 FL HD. (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Fuso Fighter X merupakan produk truk tugas menengah (medium duty) yang telah direbranding dari sebelumnya bernama 'Fuso Fighter' oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso di Indonesia.

Seri truk Fuso Fighter X yang diklaim lebih ramah lingkungan berkat penyematan standar emisi Euro 4 ini, kini hadir dengan sekitar lebih dari 15 varian yang siap menjawab segala kebutuhan pelanggan dalam menjalankan bisnisnya, salah satunya ialah FN61 FL HD.

FN61 FL HD ini merupakan salah satu varian yang menarik yang diluncurkan oleh KTB. Pasalnya, meski Fuso Fighter X masuk kedalam segmen truk medium duty, namun varian ini mampu memikul tugas sebagai truk tugas berat (heavy duty).

Dimensi Truk Fuso Fighter X FN61 FL HD

Truk model rigid ini memiliki panjang sasis yang mencapai 12 meter, sehingga kerap dijuluki sebagai tipe ‘Super Long Trip’ yang cocok untuk diaplikasikan sebagai truk tangki, flat deck hingga wing box dan distribusi pengiriman jarak jauh lainnya.

Sasis Truk Mitsubishi Fuso Fighter X FN61 FL HD (Foto: KabarOto)

Secara keseluruhan, Fuso Fighter X FN61 FL HD ini memiliki dimensi panjang 11.925 mm, lebar 2.492 mm, tinggi 2.720 mm dengan wheelbase 7.190 mm serta memiliki bobot sasis termasuk kabin sebesar 7.450 kg dan GVW mencapai 26.000 kg (26 ton).

Baca Juga: Intip Spesifikasi Mitsubishi Fuso eCanter, Segera Meluncur Di Indonesia

Spesifikasi Mesin Fuso Fighter X FN61 FL HD

Truk ini dipersenjeatai dengan mesin diesel berkode 6M60-DAT6, 6-silinder segaris, turbocharger, watercooled berkapasitas 7.545 cc yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 268 dk diputaran 2.400 rpm dan torsi puncak 882 Nm di putaran 1.200-2.000 rpm.

Mesin yang sudah berstandar emisi Euro 4 ini terintegrasi dengan transmisi manual model Eaton ES-1109, 9-percepatan yang memiliki tingkat rasio gigi akhir di angka 6.166 sehingga mampu membuat truk ini melaju dengan kecepatan tinggi yang mencapai 92 kpj.

Kapasitas Tangki Fuso Fighter X FN61 FL HD 400 Liter

Sebagai truk logistik, Fuso Fighter X FN61 FL HD ini mendapat penambahan tangki bahan bakar (BBM) hingga 200 liter, sehingga secara total truk ini memiliki tangki BBM 400 liter yang membuat pengusaha akan lebih mudah mengantarkan muatan ke tempat tujuan.

Mesin dan Transmisi Truk Mitsubishi Fuso Fighter X FN61 FL HD (Foto: KabarOto)

Tak hanya itu, truk berukuran 12 meter ini juga telah dibekali dengan sistem pengereman canggih berupa full air brake lengkap dengan fitur anti-lock braking system (ABS) yang dinilai turut menambah faktor keamanan saat dalam perjalanan distribusi.

Interior Truk Fuso Fighter X FN61 FL HD

Masuk kedalam, kabin truk Fuso Fighter X FN61 FL HD cukup dilengkapi dengan berbagai komponen atau fitur yang mampu mengakomodir faktor kenyamanan pengemudi, terutama saat dalam pengiriman jarak jauh antar kotar antar provinsi (AKAP).

Baca Juga: Profil Mitsubishi Fuso Canter FE71 Euro 4, Didukung Teknologi Terkini Ramah Lingkungan

Desain dasbor truk ini terbilang serupa dengan model-model truk logistik dikelasnya yang memiliki gaya yang ergonomis dengan roda kemudi atau stir yang sudah teleskopik dan kursi bersuspensi sehingga pengemudi akan dengan mudah mengatur posisi kokpit.

Dibelakang kursinya pun terlihat juga sudah memiliki sedikit ruang yang dapat dimanfaatkan baik pengemudi maupun co-driver untuk beristirahat. Kabin truk ini juga memiliki satu kursi kecil ditengah, sehingga juga bisa dimanfaatkan untuk beristirahat dengan nyaman.

Kabin Interior Truk Mitsubishi Fuso Fighter X FN61 FL HD

Selain dilengkapi dengan sasis yang kokoh, kaki-kaki truk ini disematkan dengan suspensi per daun lengkap dengan shock absorber pada bagian depan, dan trunnion base pada bagian belakang, ditambah dengan ban radial berukuran 11.00-2016PR.

Harga Fuso Fighter X FN61 FL HD

Diketahui, truk medium duty Mitsubishi Fuso Fighter X varian FN61 FL HD yang diklaim juga cocok untuk diaplikasikan dengan karoseri bak kayu dan bak besi ini memiliki harga jual yang mencapai sekitar lebih dari Rp 1,1 miliar di pasar Indonesia.

Baca Juga: Perbedaan Tempat Istirahat Sopir Di Kabin Truk Yang Ada Di Indonesia Dan Eropa

Berita Terkait

Berita Terkait