POPULAR STORIES

Profil Porsche Taycan Cross Turismo

Profil Porsche Taycan Cross Turismo   Foto : Sigit (Kabaroto)

KabarOto.com – Porsche Taycan Cross Turismo mengaspal di Tanah Air dan terlahir dari DNA sedan sport Porsche Taycan. Sebagai mobil listrik, crossover ini dibekali kemampuan off-road yang diklaim cocok dengan berbagai tipe jalan di Indonesia.

Sesuai namanya, Porsche Taycan Cross Turismo adalah versi kendaraan off-road serbaguna. Ditujukan bagi pribadi yang gemar melakukan perjalanan jarak jauh dan menikmati alam, andalkan sasis berteknologi tinggi dengan penggerak semua roda dan suspensi udara adaptif.

Secara dimensi, Porsche Taychan Cross Turismo memiliki ukuran panjang 4.974 mm, lebar 1.967 mm, tinggi 1.409 mm, berat 2.245 kg, dan wheelbase 2.904 mm.

Selain itu, tersedia juga paket Off-Road opsional meningkatkan ground clearance hingga 30 mm. Artinya, crossover listrik ini juga dapat dikendarai di medan off-road yang menantang.

Baca juga: Keunikan Calon Penerus Porsche 718 Cayman Dan Boxster

Dari segi tampilan, Porsche Taycan versi crossover ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan versi sedannya. Di mana, Porsche Taycan Cross Turismo ini hadir dengan kombinasi desain fastback dan crossover. Ini sesuai dengan embel-embel 'Cross' yang disematkan di mobil ini.

Gaya desain crossover itu, coba ditampilkan Porsche di mobil ini melalui penggunaan over fender berwarna hitam di sisi samping serta roof rail di bagian atap. Selain dari segi desain, perbedaan kedua terletak pada dimensinya yang jadi sedikit lebih tinggi. Ini dikarenakan, Porsche turut melakukan penyesuaian pada sistem suspensi Taycan Cross Turismo ini.

Akses ke kabin, pengemudi dan penumpang mendapatkan ruang yang lebih lega. Buat penumpang, misalnya, ada penambahan headroom sekitar 45 mm.

Baca juga: Porsche Tawarkan Jok Bucket 3D Sebagai Opsional

Namun, yang paling signifikan adalah area kargo. Bagasi belakang Porsche Taycan Cross Turismo bisa memuat 39 liter lebih banyak dibanding saudara sedannya. Bahkan, jika Anda melipat kursi baris kedua, ruang penyimpanan bisa bertambah sampai 400 liter lebih banyak.

Porsche Taycan Cross Turismo khusus pasar Indonesia ditawarkan dalam 2 pilihan varian, yakni Taycan 4 Cross Turismo dan Taycan Turbo Cross Turismo. Keduanya sama-sama dibangun di atas platform baru yang punya teknologi terkini dan dibekali motor listrik 800 volt serta baterai berkapasitas 93,4 kWh.

Kendati punya spesifikasi motor listrik dan kapasitas baterai yang sama, kedua varian Taycan Cross Turismo ini menawarkan kemampuan dan jarak tempuh yang berbeda-beda.

Bicara spesifikasinya, pertama ada Porsche Taycan 4 Cross Tursimo yang mampu melaju sejauh 389 - 456 km dalam sekali isi daya baterai dalam kondisi penuh hingga benar-benar habis.

Selanjutnya Porsche Taycan 4S Cross Turismo yang mampu digunakan sejauh 388 - 452 km. Berikutnya ada tipe Taycan Turbo Cross Tursimo dan Taycan Turbo S Cross Turismo yang bisa melesat sejauh 395 - 452 km sekali cas.

Untuk Taycan 4 Cross Turismo memiliki tenaga puncak 374 dk yang bisa dipecut hingga 469 dk dengan Launch Control. Pada kemampuan tertinggi, mobil listrik ini mampu melesat 0-100 km/jam dalam 5,1 detik, dengan kecepatan tertingginya 220 km/jam.

Kemudian Taycan 4S Cross Turismo punya kekuatan 483 dk yang bisa naik sampai 563 dk dengan Launch Control. Akselerasi 0-100 km/jam ditebus hanya 4,1 detik.

Berikutnya Taycan Turbo Cross Turismo memiliki tenaga 670 dk dengan kemampuan akselerasi 3,3 detik dari posisi diam hingga 100 km/jam dengan kecepatan tertinggi 250 km/jam.. Terakhir Taycan Turbo S Cross Tursimo yang punya daya puncak smapai 750 dk. Akselerasi 0-100 km/jam membutuhkan waktu hanya 2,9 detik.

Baca juga: Porsche 718 Cayman GT4 RS Catat Waktu Di Sirkuit Nurburgring

Menariknya, Porsche Taycan Cross Turismo juga dibekali mode "Gravel" sebagai standar, yang berguna untuk mengemudi di jalan yang kasar. Sebagai bagian dari Off-Paket Road Design, crossover ini memiliki flap khusus di sudut bumper depan dan belakang.

Sebagai pelengkap, Porsche juga menyediakan beberapa aksesoris pendukung seperti roofbox yang merupakan produksi Porsche Design serta bracket untuk mengangkut Porsche e-bike di bagian belakang kendaraan.