Profil Suzuki XL7 Alpha FF

Profil Suzuki XL7 Alpha FF Foto : Rizky / KabarOto

KabarOto.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan edisi terbatas dari Suzuki XL7 Alpha FF di Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. Sebelumnya apda November 2021, Suzuki Ertiga FF meluncur dan mendapatkan respon yang cukup baik oleh konsumen. Karena respon positif, akhirnya meluncur edisi terbatas dari Suzuki XL7 Alpha FF.

“Kami mengerti bahwa konsumen mencari tidak hanya kendaraan tapi kenyamanan untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang sempurna. Sekarang, saatnya kami perkenalkan produk baru, Suzuki XL7 Alpha FF. Kami berharap mobil ini dapat dicoba dan menjadi rekan yang dipercaya untuk pelanggan dan konsumen baru sebagai mobil SUV yang luar biasa,” ungkap Ryohei Matsushita selaku Sales Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales.

Baca juga: Suzuki XL7 Alpha FF Hadir Di IIMS 2022, Diproduksi 300 Unit

Secara tampilan, XL7 ini tampil gagah dengan gril berlapis krom yang menyambung hingga ke bagian lampu. Lampu ini berteknologi LED multireflektor dengan LED DRL sayangnya lampu sein masih bohlam biasa. Lalu, garnish bumper lower depan dengan aksen hitam dan merah.

Melihat bagian samping, aksen add-on bodi berwarna hitam ini menyambung dari bumper depan hingga belakang. Aksen merah dan hitam ini turut hadir bagian spion dan add-on bodi. Pada bagian handle pintu menggunakan krom, dan penggunaan warna dual-tone pada bagian atap dengan roof rack. Pada bagian kaki-kaki, perpaduan suspensi McPherson strut dengan Coil Spring bagian depan dan Torsion Beam dengan Coil Spring untuk bagian belakang. Lalu, penggunaan pelek multipalang 16 inci dengan finishing dual-tone dibalut ban Dunlop Enasave ukuran 195/60 R16.

Pada bagian belakang, masih mirip dengan varian Alpha biasa. Namun, terdapat beberapa perbedaan yaitu penggunaan spoiler dengan aksen garis merah dan diffuser belakang berwarna hitam. Pada bagian lampu senja dan rem menggusung teknologi LED dan untuk sein dan mundur masih bohlam biasa.

Baca juga: Suzuki XL7 Camper Van, Cukup Modal Rp155 Jutaan

Masuk ke interior, terlihat penggunaan jok kulit dengan aksen merah. Pada bagian roda kemudi hadir dengan model dua palang ini sudah dilapisi kulit. Pada bagian kiri terdapat tombol pengaturan audio berikut dengan angkat telepon jika smartphone tersambung dengan head unit.

Pada bagian tengah, terdapat spion dengan fitur Smart e-Mirror yang berfungsi sebagai dashcam kondisi di depan saat kendaraan melaju dan kamera belakang digunakan saat parkir. Lalu, head unit yang memiliki konektivitas Bluetooth ini sudah tersambung dengan sistem audio dari Soundstream lengkap dengan subwoofer berukuran 10 inci.

Penempatan subwoofer berada dipojok kiri belakang kabin atau bagasi. Penggunaan subwoofer ini membutuhkan jasa sebuah amplifier untuk mentenagai subwoofer tersebut.

Masuk baris kedua, penumpang akan disuguhkan dengan ruang kepala dan kaki yang cukup lega. Terdapat kisi AC double blower pada bagian atap. Lalu, terdapat power outlet 12V, Adapun armrest tengah untuk memanjakan penumpang. Bicara ruang bagasi, XL7 memiliki kapasitas 153 liter jika kursi baris ketiga dalam kondisi tegak. Jika kursi baris ketiga dilipat, kapasitas bagasi meningkat hingga 550 liter.

Bicara soal dimensi, mobil ini memilki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.710 mm. Sementara, untuk wheelbase sekitar 2.470 mm dengan bobot 1.145 kg.

Baca juga: Profil Chery EQ1, Si Mobil Listrik Imut

Bicara soal fitur, mobil ini sudah dibekali dual airbag, rem ABS dengan EBD, Electronic Stability Programme (ESP), dan Hill Hold Control (HHC).

Jantung mekanis XL7 Alpha FF dibekali unit mesin K15B 4 silinder DOHC berkapasitas 1.462 cc, memiliki keluaran tenaga 104,7 dk pada 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Suzuki XL7 Alpha FF hanya tersedia satu warna saja yaitu Pearl Snow White + Black. Bicara soal harga, mobil ini dibanderol Rp 294 juta untuk transmisi manual dan Rp 305 juta untuk transmisi otomatis.