Progres Pembangunan Pabrik Hyundai Lebih Cepat Dari Target

Progres Pembangunan Pabrik Hyundai Lebih Cepat dari Target Investasi Hyundai bangun pabrik di Indonesia mencapai mencapai 1,55 miliar dolar AS atau Rp22 triliun

KabarOto.com - PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) mengungkapkan, pembangunan pabrik di Cikarang, Jawa Barat sudah mencapai 22 persen. Kondisi ini lebih cepat dari target yang di tentukan, sampai waktu ini harusnya baru 20 persen. Hal itu dikatakan Presiden Hyundai Asia Pacific Lee Young Tack

"BKPM sangat mendorong kami untuk tetap beroperasi selama masa Covid-19, dan juga telah meminta kepada pemerintah daerah mendukung investasi Hyundai agar tetap berjalan," terang Lee Young Tack dalam keterangan resmi BKPM, Selasa kemarin (30/06).

Baca Juga: Pandemik Covid-19, Pembangunan Pabrik Hyundai Di Cikarang Tetap Berjalan

Dia menambahkan, pembangunan pabrik Hyundai bisa melebihi target saat ini karena adanya bantuan yang diberikan oleh mereka. Tahap selanjutnya, Hyundai akan mengimpor mesin-mesin produksi serta mendatangkan tenaga ahli dari Korea Selatan, untuk pembangunan pabriknya.

YoonSeok Choi, Presiden Direktur PT. Hyundai Motor Manufacturing Indonesi dan Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal

"Kami dibantu BKPM untuk kemudahan proses rekomendasi visa dan izin impor mesin-mesin," tambahnya. Hyundai menurutnya akan menjadwal ulang rencana 'ground breaking' yang semula akan diadakan April 2020, ditunda karena adanya pandemik Covid-19.

Izin yang dikantongi serta persetujuan dari Kementerian Perindustrian. Hyundai dengan berhati-hati menerapkan operasi yang efektif dan efisien untuk mencegah paparan risiko Covid-19, sembari tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk diketahui, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia adalah bagian dari Hyundai Motor Company dan akan membuka pabrik di Cikarang Tengah, Jawa Barat. Investasi perusahaan asal Korea Selatan ini, mencapai US$ 1,55 miliar atau Rp 22 triliun. Angka tersebut untuk investasi sampai 2030.

Perusahaan ini, rencananya akan mulai melakukan produksi secara komersial pada akhir 2021, dengan kapasitas produksi 150.000 unit per tahun atau maksimal 250.000 unit per tahun.

Baca Juga: Bangun Pabrik Saat Wabah Corona, Hyundai Pastikan Keselamatan Dan Kesehatan Pekerja

Pembangunan pabrik tersebut juga akan berkontribusi pada pengembangan ekspor Indonesia, yang akan menjadi pemasok produk-produk Hyundai ke pasar utama di kawasan ASEAN.